Logo BBC

India: Cerita Kepulauan Indah yang Kian Terancam Proyek Infrastruktur

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Kepulauan Lakshadweep di India kini menjadi surga yang terancam.

Terdiri dari 36 pulau - 10 sudah dihuni - kepulauan ini terletak sejauh 200 mil dari lepas pantai sebelah barat daya India di Laut Arab.

Untuk kebutuhan pokok, penduduk di wilayah itu selama ini mengandalkan pasokan dari Negara Bagian Kerala, India bagian selatan.

Terkenal akan pasir pantai, air laut yang biru jernih, dan terumbu karang nan indah, Lakshadweep digambarkan sebagai "kepulauan surga" atau "kepulauan zamrud" oleh brosur-brosur wisata. Wilayah itu selama ini jarang sekali diberitakan.

Namun dalam beberapa pekan terakhir, para warga setempat menarik perhatian media massa setelah melancarkan protes atas apa yang mereka sebut, "serangan bagi identitas, kebudayaan, agama dan wilayah kami."

Pusat masalahnya terletak pada pejabat setempat yang baru ditunjuk, Praful Khoda Patel, sejumlah proposal kontroversial yang dia gulirkan, naiknya kasus Covid-19 , serta kasus dugaan makar yang menjerat seorang model populer merangkap aktris dan sineas.

`Protes yang belum pernah terjadi sebelumnya`

Pada Senin lalu, para warga menggelar aksi "hari hitam." Mereka mengibarkan bendera hitam di rumah masing-masing, seraya berpakaian serba hitam.