Logo BBC

Militer AS Uji 18 Ton Peledak di Laut Bikin Makhluk Hidup Menderita

Uji coba ledakan oleh US Navy. BBC Indonesia
Uji coba ledakan oleh US Navy. BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Uji coba ledakan bom di lautan menyebabkan makhluk hidup di bawahnya mengalami tuli, terluka hingga mati. Sepuluh tahun yang lalu di Skotlandia, suatu ledakan menyebabkan 39 paus pilot bersirip panjang terdampar dan 19 ekor akhirnya mati. Mengapa ledakan itu sangat merusak ekosistem laut?

Dalam sebuah rekaman, lingkaran besar di permukaan laut berubah menjadi putih dan menciptakan gelombang kejut yang mengguncang kamera.

Kemudian air menyembur ke langit dalam jumlah yang besar, dan jatuh kembali. Di kejauhan, sebuah kapal perang raksasa muncul saat kamera bergerak.

Jumat lalu, Angkatan Laut Amerika Serikat menguji seberapa kuat kapal induk terbaru dan tercanggihnya, USS Gerald R. Ford, dapat menahan ledakan di dekatnya.

Uji coba itu menggunakan sekitar 18 ton bahan peledak - yang menghasilkan ledakan dua kali lebih dahsyat dari peledak "Mother of All Bombs" (MOAB), senjata non-nuklir paling kuat milik AS.

Ledakan itu begitu besar sehingga Survei Geologi AS mencatatnya sebagai gempa berkekuatan 3,9 SR, dan ketika rekaman dibagikan secara luas, video itu membuat gelombang reaksi di media sosial minggu ini.

"Apa sebenarnya pengaruh ledakan sebesar itu terhadap kehidupan laut di dekatnya?" banyak orang bertanya.