Logo BBC

Hong Kong Larang Penerbangan dari RI: Screening Penumpang Disorot

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Kebijakan Hong Kong melarang semua penumpang pesawat terbang dari Indonesia ke wilayahnya dikhawatirkan bakal diikuti negara-negara lain jika pemerintah Indonesia tidak memperketat pemeriksaan (screening) atas semua calon penumpang dan awak pesawat ke luar negeri.

Masalah screening di Indonesia itu diduga menjadi penyebab terdeteksinya virus Covid pada penumpang pesawat dari Indonesia setiba di Hong Kong.

"Itu kan artinya ada yang tidak pas dalam masalah screening penumpang di Indonesia. Alat screening kita ini belum bisa mampu men-screening para penumpang dengan akurat, baik perjalanan dalam negeri maupun luar negeri," kata epidemiolog dari Universitas Indonesia, Pandu Riono, kepada BBC News Indonesia Kamis (24/6).

Dalam berbagai kesempatan, sejumlah pejabat mulai dari Kapolri hingga Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, mengatakan bakal memperketat protokol kesehatan di bandara dan pelabuhan guna mencegah penularan Covid-19.

Menurut Kementerian Luar Negeri RI, pemerintah Hong Kong pada 23 Juni 2021 telah mengumumkan bahwa mulai tanggal 25 Juni 2021 akan menetapkan status Indonesia menjadi negara kategori A1 (extremely high risk). Dalam kategori itu, semua penumpang penerbangan dari Indonesia tidak diperbolehkan memasuki Hong Kong.

Sedangkan kalangan pekerja migran Indonesia di wilayah China itu khawatir bahwa kebijakan otorita setempat kian menyulitkan kondisi mereka.

Dipersulit masuk ke negara-negara lain