Logo BBC

Israel Temukan Jenis baru Manusia Purba, Nenek Moyang Neanderthal?

Avi Levin and Ilan Theiler, Sackler Faculty of Med
Fragmen tengkorak dan tulang rahang ditemukan di dekat Ramla di Israel. BBC Indonesia
Avi Levin and Ilan Theiler, Sackler Faculty of Med Fragmen tengkorak dan tulang rahang ditemukan di dekat Ramla di Israel. BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Tim peneliti di Israel telah mengidentifikasi jenis manusia purba yang sebelumnya tidak diketahui. Mereka hidup berdampingan dengan spesies kita lebih dari 100.000 tahun yang lalu.

Tim peneliti itu percaya bahwa sisa-sisa tulang belulang yang ditemukan di dekat kota Ramla tersebut merupakan salah satu dari kelompok manusia yang sangat kuno "yang bertahan paling akhir".

Temuan tersebut terdiri dari sebagian tengkorak dan rahang dari seorang individu yang hidup antara 140.000 dan 120.000 tahun yang lalu.

Detailnya telah dipublikasikan di jurnal Science.

Anggota peneliti meyakini bahwa individu tersebut diturunkan dari spesies sebelumnya, yang mungkin telah menyebar dari wilayah tersebut ratusan ribu tahun yang lalu dan memunculkan Neanderthal di Eropa dan padanannya di Asia.

Para ilmuwan menamai garis keturunan yang baru ditemukan itu sebagai "tipe Nesher RamlaHomo".

Dr Hila May dari Universitas Tel Aviv mengatakan penemuan itu membentuk kembali kisah evolusi manusia, terutama tentang Neanderthal. Gambaran umum evolusi Neanderthal di masa lalu dikaitkan erat dengan Eropa.