Arab Saudi Luncurkan Rencana Operasional Haji 2021

Suasana di sekitar Kabah di Kota Mekah, Arab Saudi jelang puncak haji.
Sumber :
  • H Eko Priliawito - VIVA.co.id

VIVA – Penjabat Menteri Media Dr. Majid Bin Abdullah Al-Qasabi dan Presiden untuk Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci Sheikh Dr. Abdurrahman Bin Abdulaziz Al-Sudais, meluncurkan rencana operasional untuk musim haji 1442 H/2021 Masehi. Peluncuran dilakukan melalui konferensi video, Rabu, 30 Juni 2021.

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Dalam sambutannya, Dr. Al-Qasabi mengungkapkan kebahagiaannya berpartisipasi dalam peluncuran  ini. Dia menekankan bahwa merupakan keistimewaan dan kehormatan bagi Kerajaan, pimpinan dan rakyat untuk melayani Dua Masjid Suci dan para peziarah, baik untuk haji dan umrah, dan pengunjung.

“Pemerintah Kerajaan, di bawah kepemimpinan Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad Bin Salman, telah memungkinkan semua sektor terkait untuk memfasilitasi layanan kepada para peziarah, dan menggunakan semua kemampuan untuk membantu peziarah menyelesaikan kewajiban dan ritual haji mereka dengan keamanan, keselamatan, kemudahan dan kesehatan,” ujarnya seperti dilansir Saudi Gazette, Rabu, 30 Juni 2021.

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

Untuk tahun kedua berturut-turut ini, Dr. Al-Qasabi menegaskan, penyelenggaraan musim haji berlangsung di tengah keadaan luar biasa. Hal itu mengingat perkembangan berkelanjutan dari pandemi virus corona baru.

Dengan pandemi COVID-19 yang masih mempengaruhi dunia, Kerajaan memutuskan untuk membatasi musim haji tahun ini menjadi 60.000 jemaah. Para peziarah, baik warga negara maupun penduduk, telah dipilih dari dalam Kerajaan. 

Peringatan Penting, Hati-Hati dengan Penawaran Haji Tidak Resmi di Media Sosial

Langkah ini diambil untuk menjaga kesehatan dan keselamatan jemaah haji. Selain itu, memastikan bahwa ritual haji diadakan di lingkungan yang aman dan sehat dengan penerapan tindakan pencegahan.

Penjabat Menteri Media juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden Kepresidenan dan karyawannya, atas upaya terus-menerus mereka untuk melayani Dua Masjid Suci.

Sementara itu, Presiden Sheikh Al-Sudais menyampaikan terima kasih untuk kepemimpinan yang bijaksana, atas kemurahan hati dan perhatian besar kepada Dua Masjid Suci dan para peziarah, jemaah umrah dan pengunjung. 

Dia menekankan bahwa kepedulian negara telah terwujud dalam kebijaksanaan dan keputusan yang sukses, serta tindakan pencegahan yang diambil oleh Kerajaan di Dua Masjid Suci sejak pecahnya pandemi.

Langkah-langkah ini memungkinkan musim haji luar biasa yang sukses besar disaksikan seluruh dunia. Musim haji disederhanakan dengan prosedur yang dikodifikasi dan pengaturan ekstensif, di mana banyak lembaga negara bergandengan tangan untuk mencapai musim haji yang sukses dan bebas insiden.

Sheikh Al-Sudais juga menyoroti keinginan Kepresidenan untuk mengintensifkan tindakan pencegahan dan mengaktifkan aspek teknis, sambil memfasilitasi ritual, memperkaya pengalaman dan mencapai kepemimpinan dalam keramahan yang baik. Hal itu sejalan dengan nilai-nilai Kerajaan Arab Saudi dan Visi 2030.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya