Wabah COVID-19 Memburuk, Korea Selatan Perketat Pembatasan Sosial

COVID-19 di Korea Selatan.
Sumber :
  • bbc.com

VIVA – Korea Selatan memperketat pembatasan sosial di sebagian besar wilayah negara itu untuk memerangi wabah virus corona terburuk, setelah kasus baru COVID-19 pada Selasa 13 Juli 2021 melampaui puncak harian sebelumnya menjadi 1.615.

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Di tengah kekhawatiran yang meningkat terhadap varian Delta yang lebih menular dan vaksinasi yang stagnan, angka harian terbaru dengan mudah melampaui rekor sebelumnya pada Jumat lalu yang mencapai 1.378.

Infeksi klaster telah menyebar dengan cepat di ibu kota Seoul dan sekitarnya yang dipicu oleh varian Delta, kata Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA).

Media Asing Beri Julukan untuk Timnas Indonesia U-23: Tim Pengacau

Perdana Menteri Kim Boo-kyum mengatakan mulai Kamis pemerintah akan memperketat pembatasan sosial di sebagian besar wilayah, kecuali sejumlah wilayah di selatan, ke Level 2 dari skala empat level pengetatatan di negara itu.

Di bawah pengetatan Level 2, pertemuan lebih dari delapan orang dilarang, restoran dan bar juga harus tutup pada tengah malam.

Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY

Pengetatan itu masih berada dua tingkat di bawah pembatasan terberat Level 4, di mana masyarakat dilarang mengadakan pertemuan lebih dari dua orang setelah jam 6 sore. Pengetatan Level 4 telah diberlakukan di Seoul dan sekitarnya sejak Senin 12 Juli 2021.

Lonjakan kasus baru yang sedang berlangsung sebagian dipicu oleh sebaran varian Delta, yang menyumbang 30,7 persen dari semua kasus baru yang dilaporkan pada 4-10 Juli, dan hampir 70 persen dari jenis lain yang lebih menular, kata KDCA.

Gelombang infeksi baru di Korsel sejauh ini membawa lebih sedikit kasus serius dan kematian daripada gelombang sebelumnya. Banyak warga Korsel yang lebih tua dan lebih rentan kini sudah divaksin anti virus corona.

Total kasus di negara itu selama pandemi mencapai 171.911 dengan 2.048 kematian, menurut data KDCA.

Namun, kecepatan vaksinasi melambat dalam beberapa minggu terakhir. Baru 30,6 persen dari 52 juta penduduk Korsel yang telah menerima setidaknya satu dosis vaksin. Angka itu jauh lebih rendah dibandingkan tingkat vaksinasi di banyak negara maju lainnya, termasuk Inggris dan Singapura, yang melebihi 60 persen. (Ant/Antara)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya