Logo BBC

Komunitas Agama Sikh Paling Getol Bantu Orang Kesusahan, Mengapa

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Didirikan sekitar 500 tahun lalu di kawasan yang kini menjadi wilayah Punjab di India, Sikhisme adalah agama terbesar kelima di dunia. Namun mengapa para pengikutnya kerap melakukan aksi kemanusiaan? Penulis Mayal Khanna menuturkan tentang tradisi memberi bantuan yang melekat pada komunitas ini.

sikh, india
Getty Images
Baljinder Singh, 60 tahun, sukarela membersihkan sepatu-sepatu jemaah Muslim saat salat Jumat.

Sebutkan bencana apa saja di dunia dan kemungkinan besar Anda akan menemukan relawan Sikh di lokasi guna membantu korban kerusuhan, memberi makan para migran, dan membantu mendirikan rumah yang rusak dilanda gempa bumi.

Dari krisis Rohingya di Myanmar, serangan teror di Paris, aksi protes kaum petani di India, hingga demonstrasi memprotes pembunuhan George Floyd di Amerika Serikat, ada saja orang dari komunitas dengan 30 juta pengikut ini hadir untuk membantu para insan yang tidak pernah mereka kenal sebelumnya.

Pada masa pandemi, aksi sosial ini justru semakin kuat.

Di Maharashtra di bagian barat India, sebuah gurdwara (tempat beribadah komunitas Sikh) memberi makan dua juta orang dalam 10 pekan, tahun lalu.

Beberapa gurdwara lainnya di India melumerkan emas yang mereka kumpulkan selama 50 tahun terakhir untuk mendirikan rumah sakit dan klinik. Lantas sejumlah LSM Sikh mendirikan `langar oksigen` langar adalah dapur umum di gurdwara — guna menyediakan oksigen secara cuma-cuma untuk masyarakat di India ketika khalayak menghadapi gelombang kedua pandemi virus corona.