Doa Jemaah Haji di Arafah: Pandemi COVID-19 Segera Berakhir

Jemaah haji memanjatkan doa di waktu-waktu terakhir mereka berada di Arafah
Sumber :
  • Twitter @HajMinistry

VIVA – Ribuan jemaah haji selesai melaksanakan puncak haji dengan melaksanakan wukuf di Arafah. Selanjutnya, 60.000 jemaah haji bergerak ke Muzdalifah untuk mabit persiapan tahap akhir haji tahun ini.

Kisah 1 Gereja Pengin Naik Haji, Ustaz Khalid Basalamah: Orang Berjiwa muslim Tak Kekal di Neraka

Beberapa menit setelah matahari terbenam pada hari kesembilan Dzulhijjah, para peziarah mulai bergerak ke dataran Muzdalifah yang terbuka namun berbatu, mereka melaksanakan salat Maghrib dan Isya.

Jemaah berada di Muzdalifah untuk mabit atau berdiam diri hingga separuh malam, sambil  mengumpulkan kerikil untuk ritual lempar jumrah  di Mina.

Tahap II Ditutup, Kemenag Sebut 194.744 Jemaah Reguler Lunasi Biaya Haji

Sebelumnya, para jemaah haji menghabiskan waktu hampir 12 jam berada di padang Arafah pada hari Senin, 9 Dzulhijjah 1442 H sebagai bagian terpenting dari ibadah haji, wukuf. 

Jemaah berkumpul di Jabal Rahmah, memanjatkan doa-doa mereka, mengungkapkan harapan akan perdamaian dan mengakhiri pandemi COVID-19.

Syekh Al Sudais Himbau Jemaah Untuk Fokus Ibadah dan Kurangi Berfoto-foto Saat di Tanah Suci

"Ini adalah perasaan yang tak terlukiskan bahwa saya terpilih di antara jutaan orang untuk menghadiri haji. Saya berdoa agar Tuhan mengakhiri masa-masa sulit yang dialami seluruh dunia di bawah virus corona," kata Um Ahmed, seorang peziarah Palestina yang tinggal di ibu kota Saudi, Riyadh dan yang mengatakan dia kehilangan empat anggota keluarga karena virus tersebut.

Arab Saudi telah melarang jamaah dari luar negeri untuk tahun kedua berturut-turut dan telah membatasi masuk dari dalam kerajaan dalam kondisi khusus untuk menjaga dari virus corona dan varian barunya.

Hanya 60.000 warga dan penduduk Saudi, berusia 18 hingga 65 tahun, yang telah sepenuhnya divaksinasi atau pulih dari virus dan tidak menderita penyakit kronis, dipilih untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini.

Pada tahun-tahun sebelumnya, lebih dari dua juta peziarah biasanya menyelimuti Jabal Rahmah  di dataran Arafat, duduk berdekatan di tengah panasnya gurun kota Makkah, membawa payung dan kipas angin agar tetap sejuk saat suhu naik menuju 40 derajat Celcius.

Tahun ini peziarah, mengenakan jubah putih yang menandakan keadaan suci, harus menjaga jarak sosial dan mengenakan masker di padang Arafat.

Padang Arafah juga merupakan tempat Nabi Muhammad memberikan khutbah terakhirnya.

"Doa yang pertama adalah memohon kepada Tuhan untuk mengangkat pandemi ini, kutukan ini dan kesedihan ini untuk seluruh umat manusia dan bagi umat Islam, sehingga di tahun-tahun berikutnya mereka dapat menghadiri haji dan jutaan untuk mengisi ulang tempat-tempat suci ini," kata Maher Baroody seorang peziarah Suriah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya