Logo BBC

Kencangnya Tren Bedah Plastik di Pusat Kartel Narkotika Terkuat

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Negara bagian Sinaloa di kawasan barat Meksiko adalah pusat kartel narkotik paling kuat dan kejam di negara itu.

Uang yang mereka hasilkan telah menyisakan jejak dalam hubungan antara narkotik dan perempuan muda. Hasil perdagangan obat-obat terlarang itu memicu obsesi terhadap operasi plastik.

A patient is marked up for liposuction
Getty Images

Di atas meja kliniknya di Kota Culiacan, dokter Rafaela Martinez Terrazas meletakkan setumpuk permohonan dari sejumlah perempuan yang berharap menjadi pasiennya.

Kebanyakan dari perempuan itu mendambakan prosedur yang dikenal sebagai `estetika narkotik`.

"Pinggang yang lebih kecil dan terlihat. Pinggul yang lebih lebar dan bokong lebih besar. Dan jika kita berbicara tentang payudara, mereka umumnya ingin yang berukuran besar," kata Martinez.

Perempuan dengan penampilan hiper-feminis seperti ini sering disebut dengan istilah la buchona di Meksiko.

Bukan cuma secara fisik, terminologi ini juga dikaitkan pada perempuan yang menyukai produk fashion mencolok dan kekasih bandar narkotik.

"Pasien saya rata-rata berumur 30-40 tahun. Tapi sangat sering perempuan yang lebih muda juga datang. Bahkan ada di antara mereka yang di bawah umur, di bawah 18 tahun," ujar Martinez.

"Mereka bersaing satu sama lain, siapa yang memiliki tubuh terbaik atau pinggang terkecil," tuturnya.

Para perempuan dan remaja itu datang berkonsultasi bersama ibu atau teman mereka. Namun ada pula yang datang dengan seorang laki-laki atau sendirian.

"Seringkali mereka datang bersama pacar yang membayar biaya operasi. Ada sejumlah laki-laki yang menelepon saya dan berkata, `Hai dokter, saya akan mengirim seorang gadis untuk Anda operasi.`

"Seorang laki-laki menelepon saya dan berkata, `Salah satu gadis saya akan datang menemui Anda. Sekarang dokter, Anda tahu apa yang saya suka. Jangan perhatikan yang dia katakan, untuk itulah saya membayar Anda`," kata Martinez.

"Saya berkata kepada laki-laki itu untuk menyelesaikan perdebatan itu dengan kekasihnya karena ketika pasien di ruang operasi saya, dia adalah orang yang akan membuat keputusan."


Apa makna `la buchona`?

Kim Kardashian
Getty Images
Kim Kardashian kerap dianggap simbol `la buchona`.
  • Asal usul istilah ini masih diperdebatkan, tapi digunakan untuk merujuk penampilan fisik serupa jam pasir yang disempurnakan lewat bedah plastik, pakaian mencolok, dan aksesori mahal.
  • Para bandar narkotik di Meksiko yang dikenal dengan sebutan narcos menyukai perempuan yang masuk kategori la buchona. Namun banyak juga perempuan yang mengadopsi gaya ini karena alasan tren, bukan karena berhubungan dengan bandar narkotik.
  • Penampilan seperti Kim Kardashian (foto di atas) terkadang disebut buchona.