Logo BBC

Bencana Jurassic 167 Juta Tahun Lalu Rekam Fakta Fosil Mengejutkan

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

"Jika mereka bisa menjerit, saya yakin mereka akan melakukannya."

Ahli paleontologi Tim Ewin berdiri di sebuah tambang, membayangkan bencana yang terekam di bebatuan di bawah sepatu botnya yang berlapis lumpur.

"Mereka mencoba melindungi diri mereka sendiri, mengambil posisi stres dengan menarik tangan mereka ke dalam," lanjutnya. "Tapi itu semua sia-sia; Anda dapat melihat lengan mereka tersangkut terbuka, sampai ke mahkota. Mereka terdorong ke dalam sedimen dan terkubur hidup-hidup."

Prepared fossils
BBC
Fosil hewan dasar laut dari Jurassic, semuanya bertumpuk satu sama lain

Ada sedikit senyum di wajah Tim, dan dia punya alasan untuk bahagia.

Kemalangan yang menimpa tempat ini 167 juta tahun yang lalu telah memberinya koleksi fosil hewan yang luar biasa di tempat, yang tidak diragukan lagi merupakan salah satu situs penggalian Jurassic terpenting yang pernah ditemukan di Inggris.

Kami tidak dapat memastikan lokasi penggalian untuk alasan keamanan, tetapi Anda akan mengenali dari batu kapur berwarna madu yang indah bahwa kami berada di suatu tempat di wilayah Cotswold, Inggris selatan.

Ada yang berubah sedikit sejak zaman Jurassic.

Tidak ada desa kuno dan tembok dari batu kering saat itu; bagian ini tertutup oleh laut dangkal, mungkin sedalam 20-40m.

Cuaca juga lebih hangat daripada musim panas pada umumnya di Inggris. Pergerakan lempeng tektonik berarti Inggris saat itu, kira-kira ada di tempat Afrika Utara terletak saat ini.

Jadi Anda bisa membayangkan jenis makhluk yang mungkin hidup di dasar laut kuno yang serupa dengan udara tropis ini.

Neville, Sally and Mark work to free fossils
BBC
Fosil berada di lapisan tanah liat yang menutupi batu gamping Cotswold