Gempa Magnitudo 8,2 Guncang Alaska, Picu Peringatan Tsunami

Ilustrasi gempa di Alaska.
Sumber :
  • USGS

VIVA – Gempa dengan magnitudo 8,2 mengguncang wilayah semenanjung Alaska, Amerika Serikat pada Rabu malam, waktu setempat. Gempa tersebut memicu peringatan tsunami untuk beberapa wilayah di bagian pantai Alaska

Menhan Israel Pasang Badan untuk Batalion Netzah Yehuda yang Dijatuhi Sanksi AS

Lembaga Survei Geologi AS atau US Geological Survey menyatakan gempa yang sangat kuat itu terletak sekitar 56 mil (91 kilometer) timur tenggara Perryville, Alaska, dan terjadi sekitar pukul 22:15. Rabu malam waktu setempat. Pada kedalaman 29 mil (46,7 km), gempa dianggap dangkal. 

Gempa bumi dangkal memiliki kedalaman antara 0 dan 70 km.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Dilansir CNN, USGS melaporkan setidaknya ada dua gempa susulan yang kuat, termasuk kekuatan awal 6,2 dan 5,6 skala Richter.

Pusat Peringatan Tsunami AS mengeluarkan peringatan tsunami sebagian wilayah di Alaska, termasuk Alaska Selatan dan Semenanjung Alaska, dari Pintu Masuk Hinchinbrook, (90 mil timur Seward) ke Unimak Pass, dan untuk Kepulauan Aleutian, dari Unimak Pass (80 mil timur laut Unalaska), ke Samalga Pass, Alaska, yang berjarak 30 km sebelah barat daya dari Nikolski.

Menhan AS Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Ditetapkan Sebagai Presiden Terpilih

Peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk Hawaii dan Guam di Pasifik.

Menurut Layanan Cuaca AS ((NWWS) tingkat bahaya tsunami sedang dievaluasi untuk pantai Pasifik AS dan Kanada lainnya di Amerika Utara.

VIVA Militer: Pasukan militer Amerika Serikat (AS) di Israel

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, pada Rabu, 24 April 2024, bersiap menandatangani paket bantuan yang telah lama tertunda, untuk mendukung perang Israel di Gaza.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024