Logo BBC

Geger Tuduhan Pemerkosaan terhadap Superstar China, 24 Korban Muncul

Kris Wu. Getty Images via BBC Indonesia
Kris Wu. Getty Images via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Tuduhan pemerkosaan terhadap salah satu bintang pop terkenal di China telah mendominasi berita-berita utama dalam beberapa pekan terakhir - termasuk munculnya perdebatan mengenai hubungan seks yang dilandasi suka sama suka.

Tudingan yang menimpa aktor China-Kanada dan juga penyanyi Kris Wu itu langsung menyambar begitu cepat.

Setelah dituduh melakukan pemerkosaan oleh seorang tersangka korban awal bulan ini, sedikitnya 24 perempuan mengeklaim bahwa mereka pernah menerima pelecehan.

Belasan produk terkemuka - termasuk merek global seperti Louis Vuitton dan Porsche - telah memutus hubungan dengan Wu dan sudah muncul banyak seruan agar dia keluar dari dunia hiburan dan meninggalkan China. Pria 30 tahun itu telah membantah semua tuduhan tersebut.

Skandal itu pun langsung mengguncang media sosial, para warganet ramai menggunjingkannya. Namun kasus ini sudah tidak lagi sekadar ramai di dunia pergosipan.

Dukungan secara daring bagi para perempuan yang diduga menjadi korban - termasuk seorang mahasiswi 19 tahun bernama Du Meizhu yang menuduh Wu - sudah begitu banyak.

Situasi itu, menurut para aktivis hak perempuan, jadi pertanda baik bahwa kesadaran soal masalah hubungan seksual kian meningkat di negara di mana penyintas perempuan lebih sering disalahkan.

Dituduh `mau cari nama`