Logo ABC

Tentara Ikut Patroli di Sydney Awasi Lockdown Bikin Warga Kecewa

Seorang tentara ADF berpatroli dengan polisi di Sydney selama lockdown sebelumnya pada April 2020. (Supplied: NSW Police Force )
Seorang tentara ADF berpatroli dengan polisi di Sydney selama lockdown sebelumnya pada April 2020. (Supplied: NSW Police Force )
Sumber :
  • abc

Pemerintah negara bagian New South Wales (NSW) memutuskan untuk menurunkan ratusan tentara di seitar kawasan Sydney untuk membantu polisi menindak warga yang melanggar aturan pembatasan aktivitas.

Sebanyak tiga ratus personel militer juga akan menjalani pelatihan selama akhir pekan sebelum turun ke jalan bersama dengan polisi pada hari Senin.

Tugas mereka nantinya adalah untuk memastikan warga mematuhi aturan yang dibuat otoritas kesehatan.

Kepala Kepolisian NSW, David Elliott, mengatakan pengerahan itu diperlukan karena ada sebagian kecil orang yang berpikir "aturan-aturan itu tidak berlaku untuk mereka".

Dia mengatakan kepada salah satu stasiun televisi Australia, Channel Nine, bahwa personel pertahanan Australia (ADF) akan bertugas bersama anggota Kepolisian NSW.

"Akan segera terlihat 300 orang tentara di jalan," katanya.

"Ini tidak berbeda dengan apa yang kita lihat di Melbourne tahun lalu, di mana polisi bekerja sama dengan militer untuk memastikan mereka dapat melakukan pemeriksaan kepatuhan berbasis intelijen dengan cepat dan cepat."