Logo BBC

Sheikh Jarrah: Palestina Tolak Tawaran MA Israel Akhiri Pengusiran

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Warga Palestina yang terancam pengusiran di Yerusalem Timur menolak tawaran Mahkamah Agung Israel bahwa mereka bisa menyewa rumah mereka dari organisasi pemukiman Yahudi.

Dalam kasus yang memicu konflik Israel-Palestina awal tahun ini, pengadilan tinggi Israel mengusulkan kompromi untuk mengakhiri pertikaian hukum yang panjang.

Palestinian man gestures to Israeli police in Jerusalem (10/05/21)
Reuters
Tensi di Yerusalem memanas pada awal tahun ini.

Mahkamah Agung Israel mengusulkan keempat keluarga Palestina bisa bertahan di Sheikh Jarrah jika mereka mengakui tanah mereka adalah milik perusahaan permukiman Yahudi, namun mereka menolaknya.

Masalah ini telah memicu ketegangan Israel-Palestina dalam beberapa bulan terakhir.

Ancaman pengusiran memicu beberapa kekerasan terburuk antara polisi Israel dan warga Palestina di Yerusalem dalam beberapa tahun, yang berpuncak pada konflik selama 11 hari di Gaza.

Konflik itu menewaskan ratusan orang, sebagian besar warga Palestina.

`Penyewa yang dilindungi`

Berdasar rencana pengadilan, warga Palestina - di antara puluhan keluarga yang terancam pengusiran - akan tetap menjadi "penyewa yang dilindungi".

Mereka tidak dapat diusir di masa mendatang, selama mereka membayar sewa kepada organisasi Yahudi yang mengeklaim memiliki tanah itu.

Namun, warga Palestina mengatakan mereka menginginkan pengakuan hak mereka atas properti tersebut.

"Mereka memberikan banyak tekanan pada kami untuk mencapai kesepakatan dengan pemukim Israel, di mana kami akan menyewa dari organisasi pemukim," kata Muhammad el-Kurd, dari salah satu keluarga Palestina yang terancam terusir dari Sheikh Jarrah.

"Tentu saja [tawaran] ini ditolak."