AS Gelontorkan US$30 Juta Membantu RI Berantas COVID-19

Kasus COVID-19 di Indonesia Tembus Lebih dari 2 Juta.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Pemerintah Amerika Serikat memberikan bantuan mendesak COVID-19 senilai US$30 juta bagi Indonesia guna membeli oksigen tambahan, berkolaborasi terkait cara meningkatkan produksi oksigen lokal, serta menyediakan obat-obatan untuk merawat pasien COVID-19 dan menyelamatkan nyawa. 

Palestina Kecam Veto AS yang Menghalangi Upaya Keanggotaan Penuh PBB

Bantuan yang disalurkan lewat Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) ini akan meningkatkan pelaksanaan program vaksinasi dengan mendukung penyediaan rantai yang kuat untuk distribusi. Pula mendukung kesiapan fasilitas vaksinasi serta membantu menyebarluaskan informasi kesehatan untuk edukasi vaksin.

“Kami tetap berkomitmen terhadap kemitraan dengan pemerintah dan rakyat Indonesia di masa sulit ini. Bantuan kami akan membantu memastikan bahwa lebih banyak orang divaksin dan dilindungi dari penyakit mematikan ini. Dan memperkuat fasilitas kesehatan sehingga memungkinkan mereka untuk terus memberikan perawatan dan pelayanan kritis untuk pasien COVID-19. Dukungan ini menambah bantuan kami sebelumnya untuk penyediaan vaksin, meningkatkan pengujian dan pelacakan, meningkatkan perawatan, serta memberikan hasil yang akurat dan tepat waktu tentang informasi pandemi agar semua orang tetap aman," kata kata Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim kepada wartawan pada Rabu 4 Agustus 2021.

Kemenag Berikan Bantuan untuk Pendidikan Islam dan Pesantren: Simak Syarat dan Ketentuannya

Dukungan tambahan melalui American Rescue Plan Act ini meningkatkan total bantuan COVID-19 dari AS untuk Indonesia jadi sekitar US$77 juta dalam bentuk pendanaan, perlengkapan, dan dukungan teknis sejak awal pandemi.  Pemerintah AS lewat USAID dan lembaga pemerintah AS lainnya telah bermitra dengan para pakar kesehatan Indonesia agar meningkatkan kapasitas laboratorium, surveilans  penyakit, dan respons cepat.

Selain itu, negeri Abang Sam pun sudah membantu mempercepat deteksi dan pelacakan kasus serta memastikan bahwa lebih banyak orang tahu apa yang harus dilakukan untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang lain. Amerika Serikat juga telah menyumbangkan 1.000 ventilator buatan mereka yang saat ini digunakan di 600 Rumah Sakit guna membantu menyelamatkan nyawa dan memulihkan kesehatan lebih banyak pasien.

AS Ngaku Sudah Tahu Israel Akan Serang Iran, Tapi Tidak Setuju

Lebih lanjut dia mengatakan, Amerika Serikat juga telah mengirimkan total delapan juta dosis vaksin Moderna yang aman dan efektif untuk masyarakat Indonesia. Selain itu diberikan komitmen dengan kontribusi senilai empat miliar dolar dari rakyat Amerika melalui Gavi, the Vaccine Alliance, untuk COVAX AMC. Indonesia sendiri telah menerima lebih dari 19 juta dosis vaksin melalui COVAX.

Dia lebih lanjut mengatakan bahwa selama 20 tahun terakhir, USAID telah menginvestasikan lebih dari satu miliar dolar di sektor kesehatan Indonesia, membangun fondasi yang kuat untuk respons COVID-19 yang lebih efektif. Selama 60 tahun terakhir, USAID telah bekerja bersama negara-negara di dunia untuk menyelamatkan jutaan nyawa dari penyakit seperti Ebola, HIV/AIDS, tuberkulosis, malaria, dan sekarang, COVID-19.

"Penyakit tidak mengenal batas negara, dan Amerika Serikat berkomitmen untuk terus mendukung upaya respons COVID-19 dan bekerja sama dengan pemerintah dan rakyat Indonesia menuju pembukaan kembali ekonomi Indonesia yang aman," kata Dubes AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya