Logo BBC

Pelecehan Seks Gubernur New York Terungkap, 11 Korban Bersuara

Unjuk rasa terhadap Gubernur New York. Getty Images via BBC Indonesia
Unjuk rasa terhadap Gubernur New York. Getty Images via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Sebelas perempuan merinci pelecehan seksual yang mereka alami dari Gubernur negara bagian New York, Andrew Cuomo, dalam investigasi independen yang diumumkan Selasa (03/08).

Salah satu korban Cuomo, seorang polisi perempuan, mengatakan Cuomo menggerakkan tangannya dari perut ke pinggul perempuan tersebut, saat dia membukakan pintu untuk sang gubernur.

Korban lain menggambarkan Cuomo menggerayangi tubuh dan menyentuh payudaranya. Sedangkan yang lain mengatakan, Cuomo mengeluh kepadanya bahwa selama pandemi dia kesepian dan "ingin disentuh".

Kesaksian mereka menjadi babak terbaru dalam #MeToo, gerakan sosial yang mengekspos kekerasan seksual yang dialami para perempuan di dunia hiburan, politik,dan bisnis yang selama ini tertutup rapat.

Oleh Jaksa Agung New York Letitia James, Cuomo disebut melakukan pelecehan seksual terhadap 11 perempuan dan menciptakan lingkungan toxic di tempat kerja.

Pernyataan itu disampaikan James setelah pihaknya melakukan penyelidikan independen selama lima bulan terhadap 200 orang, termasuk staf Cuomo dan sejumlah perempuan yang mengaku mengalami pelecehan seksual oleh Cuomo.

"Penyelidikan independen menyimpulkan bahwa Gubernur Andrew Cuomo melecehkan banyak perempuan secara seksual, dan dengan melakukan itu, telah melanggar undang-undang federal dan negara bagian," kata James.

James menyebut Cuomo terbukti memegang, mencium, hingga berkomentar ofensif terhadap 11 perempuan di kantornya.

New York Governor Andrew Cuomo
Reuters
Cuomo kemungkinan menghadapi pemakzulan dan juga menghadapi penyelidikan kriminal.

Setelah pengumuman hasil investigasi, Presiden Joe Biden meminta Cuomo mengundurkan diri.