Logo ABC

Kapten Kapal Australia Ternakkan Unta Yakin Susunya Diminati Asia

Warwick dan istrinya TJ Hill merupakan satu-satunya peternak susu unta di Australia Selatan saat ini. (ABC: Robert Davies)
Warwick dan istrinya TJ Hill merupakan satu-satunya peternak susu unta di Australia Selatan saat ini. (ABC: Robert Davies)
Sumber :
  • abc

Warga Australia Warwick Hill banting setir dari pekerjaannya sebagai kapten kapal pesiar menjadi peternak unta. Ia optimistis pasar Asia sangat menjanjikan karena banyak orang yang tertarik dengan susu unta.

Warwick yang sebelumnya bekerja di Eropa akhirnya pulang kampung ke Australia Selatan dan mengelola peternakan unta penghasil susu. 

Saat ditemui ABC, dia sedang sibuk memasang alat pemerah susu, yang harus diciptakannya sendiri.

Warwick harus membuat alat khusus ini karena alat ini tidak ada di pasaran. Maklum saja, industri pemerah susu unta tidak begitu eksis.

Peternakannya ini merupakan satu-satunya yang memproduksi susu unta di Australia Selatan. Bahkan di Australia, hanya ada belasan peternak susu unta, meski memiliki populasi unta liar terbesar di dunia.

"Banyak orang sudah mengingatkan, kita tidak akan bisa memerah susu unta liar. Saya menganggapnya sebagai tantangan," kata Warwick.

"Minimal sekali dalam hidup ini, kita harus terima tantangan, dan mari kita lihat bagaimana selanjutnya," ujarnya.