Logo BBC

Negara Barat Berpaling Usai Taliban Berkuasa, China-Rusia Menyambut

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Banyak negara Barat yang telah menutup kedutaan mereka di Kabul setelah Taliban mengambil alih ibu kota Afghanistan itu, namun sejumlah negara lain masih membuka pintu untuk kemungkinan menjalin hubungan dengan kelompok militan itu.

China mengatakan menyambut kesempatan untuk membangun hubungan mendalam dengan Afghanistan, setelah Taliban menguasai Afghanistan dan akan membentuk pemerintahan.

Kemudian, Rusia mengatakan duta besar untuk Afghanistan, Dmitry Zhirnov, akan bertemu dengan Taliban pada Selasa (17/08) untuk mendiskusikan keamanan kedutaannya yang bakal tetap beroperasi.

Moskow juga telah menyebutkan harapannya untuk mengembangkan hubungan dengan Taliban, meskipun tidak tergesa-gesa mengakui kelompok tersebut sebagai penguasa Afghanistan.

Selain China dan Rusia, Iran secara implisit membuka peluang untuk menjalin relasi dengan Taliban.

Presiden baru Iran, Ebrahim Raisi mengatakan "kegagalan militer" Amerika Serikat di Afghanistan akan memberikan peluang bagi perdamaian yang lebih langgeng di Afghanistan.

"Kekalahan militer Amerika dan penarikan mundur mereka harus menjadi kesempatan untuk memulihkan kehidupan, keamanan, dan perdamaian yang langgeng di Afghanistan," ujar Raisi sebagaimana dikutip stasiun televisi pemerintah Iran.