Logo BBC

Afghanistan: Taliban Berkuasa, Warga Ratapi Hilangnya Kebebasan

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Warga Afghanistan di provinsi-provinsi yang dikuasai Taliban menceritakan kehidupan di bawah pemerintahan Islamis fundamentalisnya.

Hari kerja bidan Nooria Haya secara rutin meliputi pertemuan dan diskusi dengan dokter laki-laki.

Mereka membicarakan perawatan bagi penduduk setempat dan prioritas untuk klinik umum tempat ia bekerja.

Klinik itu berada di Ishkamish, sebuah distrik pedesaan dengan fasilitas terbatas di provinsi Takhar, perbatasan timur laut Afghanistan dengan Tajikistan.

Namun baru-baru ini, perempuan berusia 29 tahun itu mendapati bahwa pertemuan antara staf laki-laki dan perempuan dilarang.

Itu adalah perintah pertama yang diberikan Taliban kepada mereka ketika kelompok tersebut menguasai Ishkamish, ujarnya.

Haya hanya bisa bertanya-tanya pada dirinya sendiri apa lagi yang akan berubah dalam hidupnya.


Ishkamish terletak di pegunungan Hindu Kush. Ini adalah daerah perbatasan utama yang telah direbut oleh Taliban, menyusul penarikan hampir 10.000 tentara NATO pada awal Mei.

Setelah memicu pertempuran sengit dengan pasukan pemerintah yang tampaknya tidak siap di Helmand selatan pada pertengahan bulan, kelompok Islam fundamentalis itu merebut distrik Burka di kaki pegunungan sebelah utara.

Pada sekitar waktu yang sama, pasukan AS meninggalkan pangkalan udara mereka di Kandahar - salah satu yang terbesar di Afghanistan. Penduduk setempat sangat menyadari pergerakan Taliban.

"Setiap orang ketakutan," kata Jan Agha, 54 tahun, di distrik Arghistan, yang terletak di perbatasan dengan Pakistan, dan berjarak dua jam perjalanan dari timur kota Kandahar.

Orang-orang mengunci diri di dalam rumah. Tetapi Taliban berjaga-jaga di hampir setiap desa. Penduduk setempat tidak dapat menghindari mereka.

Petempur bersenjata berkeliaran di jalan-jalan. Setiap pagi dan sore hari, mereka mengetuk pintu warga untuk meminta makanan, yang oleh warga diberikan karena takut akan konsekuensi yang lebih buruk.