Terapkan Prokes, HUT Kemerdekaan RI di Washington Berlangsung Khidmat

Upacara Hut Kemerdekaan RI ke-76 di Washington DC, Amerika Serikat.
Upacara Hut Kemerdekaan RI ke-76 di Washington DC, Amerika Serikat.
Sumber :
  • tvOne/Yanri Subekti

VIVA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington, DC melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-76 pada Selasa pagi 17 Agustus 2021 waktu setempat.

Pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi yang dipimpin oleh Iwan Freddy Hari Susanto, Kuasa Usaha Ad-Interim atau Wakil Duta Besar RI untuk AS, berlangsung secara khidmat.

Cuaca mendung yang menyelimuti ibu kota Amerika Serikat saat upacara berlangsung justru semakin menambah antusiasme warga negara Indonesia dan diaspora untuk hadir, karena memang menjadi momentum yang selalu mereka tunggu-tunggu setiap tahunnya.

Terlebih lagi di tengah masa pandemi COVID-19. Sebagian bahkan memilih untuk mengambil cuti dari kantor agar dapat menghadiri Upacara.

“Sangat khidmat. Saya barusan sampai sujud syukur akhirnya bisa upacara 17-an lagi,” tutur Anang Dwiantoro warga Maryland yang juga pegiat seni budaya.

Berbeda dengan Upacara tahun 2020 lalu yang hanya diikuti staf KBRI Washington, DC, tahun ini KBRI Washington, DC mengundang secara terbatas perwakilan kelompok masyarakat atau diaspora Indonesia dari kawasan District of Maryland, Maryland, dan Virginia yang berjumlah sekitar 40 orang.

Upacara dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain melalui pemeriksaan suhu tubuh, seluruh petugas maupun peserta diwajibkan menunjukkan bukti vaksinasi penuh atau tes PCR negatif. Hal tersebut utamanya dilakukan guna mengantisipasi penyebaran varian Delta yang akhir-akhir ini meningkat.