Wabah Flu Burung H5N1 Landa Negara-negara Afrika

Ilustrasi flu burung lewat unggas
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Kementerian Peternakan Pantai Gading melaporkan kemunculan wabah flu burung H5N1 yang sangat patogen. Pantai Gading merupakan negara terbaru dari sejumlah negara Afrika Barat yang mengumumkan wabah tersebut, seperti dilansir media setempat pada Kamis 19 Agustus 2021.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Selain Pantai Gading, yang terakhir kali mengumumkan wabah flu burung pada 2006 dan 2015, Togo dan Ghana dikabarkan memusnahkan ribuan unggas setelah adanya temuan kasus pada Juni hingga Juli.

Niger, Burkina Faso, Nigeria, Mauritania dan Senegal tahun ini juga melaporkan temuan virus tersebut.

"Pantai Gading telah mengidentifikasi wabah flu burung H5N1 yang sangat patogen di dekat ibu kota komersial Abidjan dan telah mengambil langkah-langkah untuk mencegah penularannya," bunyi laporan tersebut, mengutip Kementerian Peternakan.

Pengujian mengonfirmasi kemunculan virus setelah sejumlah besar unggas di komune Grand Bassam mulai mati pada 20 Juni, menurut laporan surat kabar setempat The Abidjan.

Disebutkan bahwa arus keluar masuk unggas telah dibatasi di daerah Grand Bassam, yang berjarak sekitar 42 km dari Abidjan, dan impor unggas dari negara-negara terinfeksi lainnya juga ditangguhkan.

Tanpa menyebutkan angka, kementerian mengatakan unggas-unggas itu telah dimusnahkan di sekitar wabah.

Virus H5N1 dapat menginfeksi sejumlah jenis burung, terutama yang diternakkan, seperti ayam, angsa, kalkun dan bebek. (Ant/Antara)

Biaya Hidup di Jakarta Makin Mahal, Pengamat: Pemudik Tidak Lagi Bawa Keluarga
BMKG menemukan ketebalan tutupan es di Puncak Jaya, Papua, berkurang

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakukan pemantauan tutupan es atau gletser di Puncak Jaya pada 2009-2023.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024