Kaos Merchandise HUT RI Laris Manis di Toko Fashion Premium Paris

Kaos HUT RI ke-75 dijual di toko fashion premiun di pusat kota Paris, Prancis
Sumber :
  • VIVA/Miranti Hirschman

VIVA – Semarak peringatan hari Kemerdekaan Indonesia ke-76 tak hanya dirasakan di Tanah Air. Seluruh warga negara Indonesia di belahan dunia juga ikut menyemarakkan ulang tahun Kemerdekaan RI. Berbagai rangkaian kegiatan dan promosi budaya Indonesia dilakukan sebagai bagian dari menyemarakkan HUT RI ke-76.

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Di Paris, sebuah toko pakaian premium 'Merci' di pusat kota meluncurkan kaos dengan desain khusus HUT RI ke-76 yang dijual secara eksklusif dan terbatas. Desain kaos ini menampilkan logo semangat peringatan 76 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” yang dikombinasikan dengan dengan nuansa musim panas di Paris.

Selama satu bulan penuh, berbagai produk kreatif Indonesia mengisi saung-saung dan rak toko Merci di Paris dalam promosi bertajuk “Merci Beyond Bali”. Hadirnya produk Indonesia di Merci menunjukan, meskipun di tengah pandemi COVID-19, masyarakat Indonesia yang tangguh terus berkarya, untuk tumbuh dan pulih dari dampak pandemi.

Konflik Israel-Iran, Kemlu: Tidak Ada Informasi WNI yang Terdampak

Pasca upacara peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2021 lalu, Duta Besar Republik Indonesia di Paris, Arrmanatha Nasir hadir di toko Merci berpakaian adat Bali lengkap, saat peluncuran pertama kaos peringatan 76 tahun Kemerdekaan Indonesia.

Promosi aneka produk kreatif Indonesia yang bertuliskan “Made in Indonesia” dari 28 brands yang didatangkan langsung dari Indonesia ke Merci concept store telah berlangsung sejak 23 Juli 2021 hingga 22 Agustus 2021. 

Iran Serang Israel, WNI Diimbau Jangan Lakukan Perjalanan ke 2 Negara Itu

Kaos HUT RI ke-75 dijual di toko fashion premiun di pusat kota Paris, Prancis

Photo :
  • VIVA/Miranti Hirschman

Menurut Dubes, promosi “Merci Beyond Bali” tidak saja bertujuan untuk mempromosikan produk kreatif Indonesia, namun juga membawa pengalaman mengunjungi Indonesia ke Paris. Kegiatan ini banyak mendapat perhatian dan apresiasi masyarakat Paris.

Dubes menambahkan promosi “Merci Beyond Bali” merupakan contoh bahwa produk hasil kreasi Indonesia termasuk hasil karya UMKM dapat tembus pasar Prancis. Hal ini telah terlihat dari sejumlah produk Indonesia yang sudah habis terjual di awal promosi, sehingga toko Merci melakukan re-order untuk beberapa produk.

Toko Merci adalah sebuah concept store yang didirikan sejak Maret 2009 di tengah kota Paris, yaitu di daerah Haut-Marais. Toko Merci menjadi tempat penjualan berbagai produk desain, fashion, dan peralatan rumah tangga berkualitas premium. 

Setiap tahun, toko Merci dikunjungi sekitar 1,5 juta pengunjung. Di media sosial Instagram, @merciparis memiliki lebih dari 406 ribu followers, dan postingan toko Merci selalu banyak mendapatkan ribuan likes.

HUT ke-76 kemerdekaan Republik Indonesia sendiri ditandai dengan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang diikuti ratusan masyarakat Indonesia di seluruh penjuru Prancis secara hybrid. 

Acara ini dilaksanakan secara fisik di Wisma Duta Indonesia di Paris dengan jumlah peserta 30% dari kapasitas tampung. Masyarakat Indonesia di seluruh Prancis dapat mengikuti jalannya upacara melalui Zoom atau melalui akun instagram dan youtube KBRI Paris @indonesiainparis.

Adapun perwakilan masyarakat Indonesia di Prancis dan Purnabakti KBRI Paris yang hadir secara fisik wajib mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Masing-masing peserta wajib menunjukkan bukti vaksinasi lengkap, mengenakan masker selama berada di lokasi upacara dan menjaga jarak aman dengan peserta lainnya, sesuai ketentuan Pemerintah Prancis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya