Warna-warni HUT ke-76 RI di Madagaskar, Ada Baju Adat hingga Tumpeng

Upacara peringatan HUT ke 76 RI di KBRI Antananarivo, di Madagaskar.
Sumber :
  • KBRI Antananarivo

VIVA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Antananarivo menggelar upacara bendera pada 17 Agustus 2021 di Wisma Indonesia Ivato. Upacara dalam rangka HUT ke-76 RI itu dipimpin Kuasa Usaha Tetap (Kutap) RI Benny Yan Pieter Siahaan.

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Dalam acara itu turut dihadiri oleh Menteri Pertahanan Republik Madagaskar H.E. Richard Rakotonirina sebagai tamu kehormatan. Turut hadir Konsul Kehormatan RI di Tamatave Marco Raharitiana, beserta Keluarga Besar KBRI Antananarivo, dan diaspora Indonesia di Madagaskar. 

Rangkaian upacara berjalan lancar dan khidmat, serta menaati protokol kesehatan dengan ketat. Sebagian besar peserta upacara mengenakan pakaian adat dari masing-masing daerah yang membuat suasana sangat warna warni. 

Konflik Israel-Iran, Kemlu: Tidak Ada Informasi WNI yang Terdampak

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai ucapan syukur atas kemerdekaan Indonesia. Potongan tumpeng pertama diberikan kepada Menteri Pertahanan Republik Madagaskar H.E. Richard Rakotonirina. Potongan tumpeng selanjutnya diberikan kepada WNI tertua dan termuda di Madagaskar. 

“Semoga hubungan Indonesia dan Madagasakar dapat terus berkembang di masa yang akan datang,” ujar Kutap RI saat memberikan tumpeng kepada Menhan Madagaskar, dalam siaran pers KBRI Antananarivo yang dikutip tvOne, Sabtu, 21 Agustus 2021. 

Iran Serang Israel, WNI Diimbau Jangan Lakukan Perjalanan ke 2 Negara Itu

Sementara Menhan Madagaskar menyampaikan terima kasih atas undangan KBRI Antananarivo dan mengapresiasi upacara yang berjalan sangat khidmat.

Kutap RI juga mengadakan acara ramah tamah dengan seluruh Keluarga Besar KBRI Antananarivo dan diaspora Indonesia di Madagaskar, dengan menyajikan makanan khas Indonesia. Di antaranya nasi kuning, ayam bakar, perkedel, telur pindang, serta aneka jajanan pasar, seperti kue lapis, pastel, risol, dan bolu cokelat. 

Acara ramah tamah juga diiringi musik instrumental lagu-lagu nasional dan daerah, untuk membuat suasana menjadi semakin Indonesia.

Sebagai bagian dari rangkaian acara HUT ke-76 RI, Kutap RI beserta para homestaff memberikan medali dan hadiah kepada para juara lomba yang diselenggarakan oleh KBRI Antananarivo beberapa waktu lalu. Juga membagikan piagam penghargaan kepada lima anggota Paskibra KBRI Antananarivo yang bertugas pada upacara HUT ke-76 RI. 

Laporan Yanri Subekti (tvOne/ Amerika Serikat)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya