Profil Ahmad Massoud Pemimpin Anti-Taliban Putra Sang Singa Panjsir

Ahmad Massoud, anak lelaki pahlawan anti-Soviet yang terbunuh Ahmad Shah Massoud
Sumber :
  • ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammad Ismail/File Photo/aww/cfo

VIVA – Siapa sebenarnya Ahmad Massoud pemimpin anti Taliban? Ahmad Massoud merupakan putra dari Ahmad Shah Massoud yang sebutannya yakni sang Singa Panjsir yang pernah memimpin gerakan perlawanan melawan Taliban dari wilayah lembah-lembah di Afghanistan.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Ahmad Massoud merupakan pemimpin Front Resistan Nasional Afghanistan dan telah menyatakan dia akan mengikuti jejak ayahnya dan tidak sudi menyerah terhadap Taliban sebagaimana dilansir Hindustan Times.

Diketahui bahwa Afghanistan kini dikuasai Taliban usai pasukan AS dan asing meninggalkan negara itu. Hanya dalam 10 hari Ibu Kota Afghanistan, Kabul berhasil dikuasai kelompok ekstremis tersebut.

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Sementara Filsuf Prancis Bernard-Henri Levy mengatakan bahwa dia sudah berbicara dengan Ahmad Massoud via telepon. 

"Saya adalah putra Ahmad Shah Massoud, menyerah tak ada dalam kamus saya. Ini baru dimulai, gerakan perlawanan," kata dia menirukan pernyataan Ahmad Massoud kepadanya dalam percakapan telepon itu.

Indonesia Becomes the World's Most Positive Country

Diketahui bahwa Ahmad Shah Massoud yang merupakan sang Singa Panjsir memimpin pergerakan paling kuat melawan Taliban sampai kemudian hingga dua hari sebelum 11 September 2001 dia terbunuh oleh teroris Al-Qaeda.

Lembah Panjshir merupakan wilayah yang tak pernah mampu dikuasai Taliban sejak perang sipil tahun 1990-an bahkan tak pernah jatuh ke Uni Soviet. Kini wilayah itu merupakan benteng terakhir yang belum dijamah Taliban yang sedang bergerak merajalela.

Viral Pengunjung Taman Safari Buka Kaca Mobil di Area Singa

Viral Pengunjung Taman Safari Buka Kaca Mobil di Area Singa, Sudah Ditegur tapi Ngeyel

Aksi berbahaya pengunjung Taman Safari, Bogor, Jawa Barat (Jabar) membuka kaca mobil di area singa viral di media sosial.  

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024