Logo BBC

50 Anak di India Meninggal dalam Seminggu karena Demam Misterius

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Sudah lebih dari sepekan ini anak-anak di beberapa distrik di negara bagian Uttar Pradesh, India utara, bangun tidur dengan demam dan badan yang basah kuyup oleh keringat.

Banyak dari mereka mengeluhkan nyeri sendi, sakit kepala, dehidrasi, dan mual. Dalam beberapa kasus, mereka melaporkan ruam yang tersebar di lengan dan kaki mereka.

Setidaknya 50 orang, kebanyakan anak-anak, telah meninggal karena demam itu, dan ratusan lainnya dirawat di rumah sakit di enam distrik di bagian timur negara bagian. Tidak satu pun yang meninggal dinyatakan positif Covid-19.

Anak-anak menderita demam di sebuah RS di Uttar Pradesh, Agustus 2021
BBC
Setidaknya 50 orang, banyak dari mereka anak-anak, meninggal dunia karena demam di Uttar Pradesh dalam seminggu terakhir.

Saat India tampak perlahan-lahan pulih dari gelombang kedua virus corona, kematian di Uttar Pradesh memancing sejumlah tajuk berita bernada panik tentang "demam misterius" yang melanda daerah pedesaan negara bagian terpadat di India itu.

Para dokter di beberapa distrik yang terdampak - Agra, Mathura, Mainpuri, Etah, Kasganj, dan Firozabad - percaya bahwa demam berdarah, infeksi virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk, bisa jadi merupakan penyebab utama kematian.

Mereka berkata banyak pasien yang dibawa ke rumah sakit mengalami penurunan jumlah trombosit, komponen darah yang berperan dalam penggumpalan darah, yang merupakan ciri-ciri demam berdarah parah.

LIHAT ARTIKEL ASLI »