Hichilema 5 Kali Maju Capres, Begitu Terpilih Kas Negara Zambia Kosong

Presiden Hakainde Hichilema (kanan) saat mengangkat menterinya
Sumber :
  • Twittter @HHichilema

VIVA – Presiden Zambia Hakainde Hichilema terpilih menjadi Presiden ke-7 negara itu yang terpilih pada Pemilu 12 Agustus 2021 lalu. Hichilema di depan rakyatnya di the Heroes National Stadium mengatakan usai kemenangannya beberapa waktu lalu bahwa kemenangan itu bukan miliknya.

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Bagaimana tidak, berkali-kali memang Hakainde Hichilema maju menjadi calon presiden (capres) Zambia namun baru kali ini terpilih. Bahkan sebagian pihak mengatakan bahwa keterpilihannya adalah sebuah mukjizat.

Meskipun setelah terpilih Hichilema harus dihadapkan pada kas kosong negara begitu dia memimpin. Negara itu selama ini bak salah urus dan korupsi merajalela hingga negara bangkrut. Namun Hichilema mengatakan kepada kreditur untuk Zambia tak perlu khawatir karena pemerintahnya tak akan melarikan diri dari tanggung jawab itu. Sejumlah pemimpin negara Afrika memuji Hichilema atas sikap negarawannya itu dilansir BBC.

Nasdem dan PKS Diskusi Ikut Koalisi atau Oposisi, Surya Paloh: Masih Dikaji, Belum Final

Hakainde Hichilema merupakan tokoh veteran oposisi. Keterpilihannya disebut menumbuhkan sedikit harapan bagi masyarakat Zambia dari negara yang selama ini dianggap melakukan represi. Lima kali sudah Hichilema maju menjadi capres dengan karier politik yang cukup panjang. Bahkan dia sempat dipenjara tahun 2017. Sebagai oposisi, dia bahkan pernah dijadikan musuh negara oleh rezim sebelumnya.

"Sungguh sebuah inspirasi," kata pemimpin oposisi Tanzania Tundu Lissu soal keterpilihan Hachilema itu.

KPU Ungkap Alasan Abaikan Permintaan PDIP Tunda Penetapan Prabowo

Kemenangan Hichilema juga banyak dirayakan para anak muda di negara Zambia. Euforia dan konvoi terjadi setelah hasil pilpres diketahui.

Selain itu Hakainde Hichilema juga sosok yang cukup aktif di Twitter. Berbagai kegiatannya tak jarang dia tampilkan di laman media sosial tersebut.

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto, dan Gibran Rakabuming Raka, menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu malam, 24 April.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024