Logo BBC

Taliban Klaim Sudah Kuasai Lembah Panjshir, NRF Terus Melawan

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Kelompok Taliban mengklaim telah menguasai sepenuhinya Provinsi Panjshir, wilayah satu-satunya di Afghanistan yang masih melakukan perlawanan kepada mereka. Foto-foto para petempur Taliban berada di ibu kota provinsi sudah diunggah di media sosial.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid, dalam keterangan pers di Kabul mengatakan warga Panjshir akan diberi hak-hak yang sama dengan warga Afghanistan lain. Sebelumnya, juru bicara yang lain mengatakan, "Dengan kemenangan ini, negara kita sudah seluruhnya bebas dari kancah peperangan."

Di lembah itu, yang berada di sebelah utara Kabul, terjadi pertempuran dahsyat dengan kelompok Fron Perlawanan Nasional Afghanistan (NRF), yang melawan kekuasaan Taliban.

Namun, NRF membantah klaim Taliban itu.

Ahmad Massoud --yang memimpin perlawanan melawan Taliban-- dalam pesan audio menyerukan kelompok-kelompok lain bergabung dengannya melawan Taliban.

Juru bicara NRF, Ali Maisam, kepada BBC, mengatakan, "Tidak benar, Taliban belum merebut Panjshir. Saya menolak klaim Taliban itu."

Cuitan dari akun NRF di Twitter juga menyatakan, "Pasukan NRF berada di semua posisi strategis di seluruh lembah itu untuk tetap melawan. Kami yakinkan kepada rakyat Afghanistan bahwa perjuangan atas Taliban dan sekutu-sekutu mereka akan terus berlangsung hingga keadilan dan kebebasan ditegakkan."