Logo BBC

Fenomena Obsesi 'Cinta Buta' Penggemar K-pop di China

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Penggemar merekam aksi boy band Modern Brothers di Dandong, China.
Getty Images
Penggemar merekam aksi boy band Modern Brothers di Dandong, China.

Ketika bintang pop keturunan China dan Kanada, Kris Wu, ditahan atas dugaan pemerkosaan bulan lalu, sejumlah penggemarnya langsung berkomplot secara online - dengan rencana membantunya kabur dari penjara.

"Gadis-gadis, ada kekuatan dalam jumlah, ayo terbang ke Beijing dan selamatkan dia," salah satu dari mereka mengunggah statusnya di platform microblogging Weibo.

Yang lain berkata mereka telah menyiapkan sekop untuk menggali terowongan, dan tang untuk memotong kawat berduri.

Tak lama, diskusi dengan topik semacam itu - demikian halnya akun-akun yang mendiskusikannya - hilang dari dunia maya.

Seiring dengan penggemar bintang pop di China yang kian obsesif semakin sering menjadi tajuk utama, pihak berwenang menegaskan perilaku semacam itu tidak akan ditoleransi.

"Sengkarut dalam klub penggemar selebriti, yang diperlihatkan oleh `insiden Kris Wu`, memperlihatkan budaya penggemar yang buruk telah mencapai momen kritis sehingga harus dikoreksi," tulis badan disiplin tinggi negara itu dalam sebuah unggahan, seraya menambahkan bahwa ribuan komentar "beracun" dan grup penggemar telah dihapus.

Dua pekan lalu, pengawas internet China menyebut mereka akan menghentikan penyebaran informasi "berbahaya" yang beredar dalam klub penggemar, termasuk gosip dan pelecehan verbal.

Platform apa pun yang tidak berfungsi untuk menghapus konten tersebut dengan cepat, juga akan dikenakan sanksi.