China Kecam Pembentukan Kerjasama Militer AUKUS

Juru Bicara Menteri Luar Negeri Pemerintah China, Zhao Lijian.
Juru Bicara Menteri Luar Negeri Pemerintah China, Zhao Lijian.
Sumber :
  • Twitter/Lijian Zhao

VIVA – Pemerintah China mengecam pembentukan kerja sama keamanan baru di wilayah Asia-Pasifik yang melibatkan Amerika Serikat, Inggris dan Australia. Ketiga negara menyepakati pakta pertahanan terbaru, yang dinamai Aukus.

Dalam konferensi pers harian yang digelar di kota beijing, pada Jumat 17 September 2021, Juru Bicara Menteri Luar Negeri Pemerintah China, Zhao Lijian, menuding ketiga negara tersebut mempromosikan adanya pertempuran dan kehancuran.

Zhao juga menolak pernyataan bersama dari menteri luar negeri dan menteri pertahanan Amerika Serikat dan Australia, saat keduanya menyatakan keprihatinan mereka atas klaim ekspansif pemerintah China di Laut China Selatan, dan “erosi otonomi” di Hong Kong.

Zhao menambahkan, pemerintah Amerika Serikat dan Australia telah bersekongkol melawan China dan mendesak kedua negara untuk berhenti mencampuri urusan dalam negeri China serta berhenti dalam membuat pergolakan di kawasan Asia-Pasifik.

"Pemerintah Amerika Serikat dan Australia seharusnya mengikuti tren dan perkembangan waktu, menghormati aspirasi umum dari negara-negara regional serta mengesampingkan pola pikir era perang dingin dan pemikiran sempit mengenai konsep geopolitik. Mereka seharusnya melihat perkembangan pemerintah China dengan benar, berhenti ikut campur dalam urusan dalam negeri China serta berhenti membuat pergolakan di kawasan Asia-Pasifik," tutur Zhao Lijian.