Fakta-fakta Pembantaian 1.400 Lumba-lumba di Kepulauan Faroe

Lumba-lumba dibunuh di Kepulauan Faroe
Sumber :
  • Instagram.seashepherd

VIVA – Lebih dari 1.400 lumba-lumba diburu dan dibantai di Kepulauan Faroe. Kepulauan Faroe pada dasarnya adalah negara mandiri, tetapi masih berada di dalam wilaya kedaulatan Denmark. Pembantaian mamalia laut di Kepulauan Faroe tengah menjadi sorotan dunia. Melansir dari Instagram @seashpeherd, sebanyak 1.428 lumba-lumba dibunuh secara kejam. 

Gara-gara Chat Mesum, Pria di Medan Tusuk Selingkuhan Istri hingga Tewas

Ini fakta-fakta Pembunuhan Lumba-lumba di Kepulauan Faroe.

Pembunuhan Lumba-lumba

12 Jaksa Bakal Ungkap Skenario 'Licin' Yosep Subang Bunuh Istri dan Anak 

Melansir dari Instagram @seashepherd, pembunuhan lumba-lumba secara masal tersebut terjadi pada Minggu, 12 September 2021. Kepulauan Faroe yang terpencil telah berjanji untuk meninjau kembali tradisi berburu lumba-lumba yang berusia empat abad, menyusul kemarahan global atas perburuan akhir pekan lalu di mana hampir 1.500 mamalia laut dibantai oleh penduduk setempat.

Dalam sebuah pernyataan, pemerintah wilayah semi-independen Denmark mengatakan akan mengevaluasi peraturan seputar perburuan tahunan, yang dikenal sebagai Grindadrap.

Gelap Mata, Pencari Kepiting Bunuh Temannya Gara-gara Rebutan Wilayah

Perdana Menteri Bardhur A Steig Nielsen, mengatakan akan menangani masalah ini dengan sangat serius. Mereka akan melihat lebih dekat perburuan lumba-lumba, dan peran apa yang harus mereka mainkan dalam masyarakat Faroe.

Pembunuhan Lumba-lumba Terbanyak Sepanjang Sejarah

Penangkapan 1.428 lumba-lumba sisi putih Atlantik pada hari Minggu lalu diperkirakan menjadi yang terbesar dalam sejarah Faroe, dan bahkan mungkin tangkapan yang terlalu besar untuk dikonsumsi oleh seluruh 50.000 penduduk wilayah tersebut, yang terletak di tengah antara Skotlandia dan Islandia.

Sebagai Tradisi

Pemburu di Kepulauan Faroe telah membunuh ikan paus dan lumba-lumba sejak zaman Viking. Daging mereka dianggap sebagai bagian penting dari budaya Faroe dan dibagikan di antara masyarakat.

Menurut People for the Ethical Treatment of Animals, sebuah survei terhadap orang dewasa Faroe mengungkapkan bahwa 7 persen responden mengonsumsi daging dan lemak paus pilot secara teratur, dengan hampir setengahnya (47 persen) mengakui bahwa mereka jarang atau tidak pernah memakannya.

Pemerhati Lingkungan Geram Tindakan Pembantaian Ini

Pemerhati lingkungan dan organisasi konservasi laut telah lama mengutuk pembunuhan tahunan itu, tetapi kemarahan sangat meluas tahun ini mengingat ukuran polongnya.

Organisasi konservasi Sea Shepherd mengecam pembunuhan itu, menganggap peristiwa itu sebagai "pembantaian brutal dan salah penanganan," sementara pengguna media sosial bereaksi terhadap foto-foto air berdarah dan bangkai lumba-lumba bertebaran di pantai dengan ngeri.

Pemerintah mengakui bahwa perburuan terbaru "menimbulkan beberapa masalah," dan bahwa perjalanan hari Minggu lalu adalah "luar biasa" karena lumba-lumba "beberapa kali lebih besar" dari biasanya, menambahkan bahwa pemburu telah sangat meremehkan ukuran kelompok.

Perburuan Setiap Tahun

Jumlah rata-rata lumba-lumba sisi putih yang terbunuh dalam perburuan setiap tahun biasanya diperkirakan sekitar 250, membuat tangkapan minggu lalu enam kali lebih besar dari biasanya, yang menimbulkan tantangan bagi penduduk setempat yang berjuang untuk menangani polong.

Legal Tapi Tidak Populer

Pemburu mengumpulkan lumba-lumba selama berjam-jam, menggunakan jet-ski dan perahu, sebelum akhirnya membunuh makhluk itu untuk diambil daging dan lemaknya. Seorang anggota parlemen Denmark Kepulauan Faroe mengatakan bahwa praktik itu "legal tapi tidak populer,".

Dolphin drive telah diadaptasi dalam beberapa tahun terakhir untuk membuatnya lebih manusiawi, dengan pemburu diminta menggunakan alat khusus untuk membunuh hewan dan diharuskan memiliki lisensi. Mengingat ukuran pembunuhan minggu lalu, beberapa aktivis hak-hak hewan menyatakan keprihatinan bahwa hewan-hewan itu mungkin tidak dibunuh menggunakan metode yang benar, yang berarti mereka mungkin tidak mati seketika.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya