Logo BBC

Kisah Pelapor Korupsi Kas Negara yang Melibatkan Mantan Presiden

Mosilo Mothepu terpukul karena tekanan yang dia alami setelah dia melaporkan majikannya. BBC Indonesia
Mosilo Mothepu terpukul karena tekanan yang dia alami setelah dia melaporkan majikannya. BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Kasus pembunuhan seorang pegawai negeri di Afrika Selatan, Babita Deokaran, sang pelapor dan saksi kasus korupsi pemerintah, telah menyoroti betapa berbahayanya mereka yang lantang menyuarakan persoalan korupsi di negeri itu, tulis wartawan BBC Pumza Fihlani.

"Apa yang terjadi ketika bos Anda korup [dan]... presiden terlibat?"

Pertanyaan Mosilo Mothepu itu menggantung di dalam ruangan, menuntut jawaban yang harus menyeimbangkan antara moralitas, sikap warga negara yang baik, dan keselamatan pribadi.

Enam tahun silam dia dihadapkan pada dilema tentang apa yang harus dilakukan, dan akhirnya dia memutuskan untuk bersuara lantang dalam upaya memberantas praktek korupsi.

Namun semuanya berubah.

"Saya tidak merasa aman, saya hentikan kegiatan rutin, saya selalu merasa seperti ada seseorang mengikuti sehingga saya tak mampu berpikir tenang. Situasi ini sulit, sangatlah sulit," ujarnya.

Menganggur selama dua tahun

Ada tekad dalam dirinya, dan sebuah keyakinan bahwa dia melakukan hal yang benar, tetapi itu harus dibayar mahal.

"Saya secara naif berpikir bahwa sebuah laporan akan keluar dan orang-orang akan dihukum dan dijebloskan ke bui dan sekian bulan kemudian saya akan menemukan pekerjaan dan kehidupan akan berjalan seperti biasa.

"Sebaliknya, saya menganggur selama dua tahun," ungkapnya, menahan deraian air mata.