Muntahan Lava Panas Gunung Api di Canary Spanyol Telan Vila-vila Mewah

Penampakan erupsi gunung api di pulau La Palma, Spanyol
Sumber :
  • Instagram cnn.com

VIVA – Ribuan orang dievakuai usai terjadi erupsi gunung api dahsyat di Pulau La Palma di Kepulauan Canary, Spanyol. Gunung api Cumbre Vieja menyemburkan lahar dan magma panas dengan kuatnya sebagaimana video yang dilansir laman CNN Amerika, Rabu 22 September 2021.

Gelombang Cuaca Luar Biasa Panas Melanda Asia Selatan dan Tenggara

Dari rekaman video yang beredar, gunung api Cumbre Vieja memuntahkan magma panas dengan batu-batu hitam membara bahkan hingga meluap ke jalanan.  Tampak yang terdampak sebagai permukiman berkelas dengan rumah-rumah mewah dan vila-vila yang dilengkapi kolam renang.

Sementara para petugas pemadam dan SAR tampak memperhatikan dengan hati-hati magma panas yang menghancurkan kawasan indah yang tampak rapi dan elite tersebut. Asap putih meninggi hasil pembakaran unsur-unsur vulkanis hasil erupsi.

Panas Ekstrem Hingga 45 Derajat Celcius, Filipina dan Bangladesh Tutup Ribuan Sekolah

Namun dilaporkan hingga saat ini tak ada korban tewas dalam bencana alam tersebut. Hal tersebut disampaikan oleh kepala daerah setempat Angel Victor Torres.

Evakuasi sendiri mulai dilakukan dengan cepat setelah lava tumpahan erupsi mulai mengalir ke daerah permukiman tersebut.

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

Setidaknya ada 6000 orang yang sudah dievakuai. Otoritas setempat mengingatkan, lava panas tidak hanya berbahaya karena panas dan mengandung bara namun juga bisa memicu reaksi kimiawi yang bisa menyebabkan ledakan. Selain itu bisa melepaskan gas beracun ketika menjangkau permukaan laut.

Berikut penampakan mengerikan lahar dan magma panas yang melumat rumah-rumah mewah: 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya