Logo BBC

Foto-foto Mengerikan Penjaga Perbatasan AS Mengejar Migran Haiti

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Gedung Putih menyebut adegan-adegan ini sebagai adegan yang "mengerikan".

Rekaman video dan foto-foto yang mengambarkan petugas patroli perbatasan AS yang menunggang kuda mengejar para migran (dan mengacungkan tali kekang panjang seperti cambuk) di dekat sungai Rio Grande di Texas, telah memicu kontroversi di seluruh penjuru negeri Paman Sam.

Beberapa pengguna media sosial mengatakan foto-foto itu mengingatkan pada kekerasan yang terjadi pada masa perbudakan di AS.

Adegan-adegan ini terjadi di tengah krisis migran terbaru, yang terjadi di perbatasan AS dan Meksiko, setelah pekan lalu, sebanyak 12.000 migran - kebanyakan dari Haiti - ditahan di kamp darurat di bawah jembatan yang menghubungkan kota Del Rio di Texas dengan Ciudad Acuna di Meksiko.

"Demi mencegah cedera akibat penyakit yang berhubungan dengan panas, area teduh di bawah Jembatan Internasional Del Rio berfungsi sebagai tempat pemberhentian sementara ketika para migran menanti giliran dibawa ke tahanan USBP (Patroli Perbatasan AS)," kata pihak berwenang AS dalam sebuah pernyataan pekan lalu, menyusul kritik terhadap kondisi buruk yang dialami para migran.

Pemerintah AS mulai mendeportasi ratusan migran pada Minggu (19/09) dan menutup pintu perbatasan Del Rio, mendorong ratusan warga Haiti lainnya kembali ke sisi perbatasan Meksiko.

US Border Patrol agents on horseback tries to stop Haitian migrants from entering an encampment on the banks of the Rio Grande near the Acuna Del Rio International Bridge in Del Rio, Texas on September 19, 2021
AFP

Apa yang terjadi?

Sejak mereka ditahan di bawah jembatan, beberapa migran terpaksa menyeberang ke Meksiko untuk membeli makanan dan air untuk diri mereka sendiri dan keluarga mereka (yang persediaannya terbatas di sisi perbatasan Amerika) sebelum kembali ke kamp darurat.