Logo BBC

Plakat Bahagia Pembuat Roti di Kota Kuno Pompeii yang Musnah Disorot

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Terlepas dari pandemi yang secara radikal mengubah kehidupan miliaran orang, "Laporan Kebahagiaan Dunia" menunjukkan bahwa tingkat kebahagiaan tetap stabil di dunia, sebuah bukti ketahanan umat manusia.

Sebagai seorang mahasiswa kajian dunia kajian dunia klasik, diskusi tentang kebahagiaan yang biasa terjadi di tengah krisis pribadi atau sosial, seperti yang kita alami, bukanlah hal baru bagi saya.

Habitat felicitas atau "Kebahagiaan berdiam di sini" tertera dalam sebuah plakat yang ditemukan di toko roti Pompeii, sekitar 2.000 tahun silam, setelah pemiliknya hidup dan barangkali meninggal dalam letusan Vesuvius yang menghancurkan kota itu pada tahun 79 M.Apa arti kebahagiaan bagi pembuat roti Pompeii ini? Dan bagaimana mempertimbangkan pandangan bangsa Romawi tentang felicitas membantu pencarian kebahagiaan kita dewasa ini?

Kebahagiaan bagiku, tapi tidak untukmu

Bangsa Romawi menganggap Felicitas dan Fortuna - sebuah kata saling terkait yang berarti "keberuntungan" - sebagai dewa-dewi.

Masing-masing memiliki kuil di Roma, di mana mereka yang mencari bantuannya dapat memberikan semacam sesaji dan doa-doa.

Felicitas juga digambarkan pada koin Romawi dari abad pertama SM hingga abad keempat, menunjukkan hubungannya dengan kemakmuran keuangan sebuah negara.

Koin yang dicetak oleh para kaisar, selanjutnya, menghubungkannya dengan diri mereka sendiri.