Lava Gunung Berapi di La Palma Spanyol Capai Samudra Atlantik

Lava letusan Gunung berapi Cumbre Vieja di Kepulauan Canary Spanyol
Sumber :
  • Twitter @JointCyclone

VIVA – Aliran 28 September 2021, waktu setempat. Selama sembilan hari aliran lahar panas itu menuruni gunung, meluluhlantahkan ratusan bangunan dan tanaman di pulau La Palma, yang menyebabkan ribuan warga dievakuasi.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Foto-foto menunjukkan awan besar uap putih mengepul dari daerah Playa Nueva saat lahar melakukan kontak dengan air dan mencapai Samudra Atlantik pada Selasa malam. Para ahli memperingatkan kolom uap dapat mengandung gas beracun dan berpotensi terjadi ledakan.

"Aliran lava telah mencapai laut di Playa Nueva," kata Institut Vulkanik Kepulauan Canary (Involcan) di akun Twitter-nya dilansir Aljazeera pada Rabu, 29 September 2021. 

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Layanan darurat Kepulauan Canary mendesak mereka yang berada di luar ruangan untuk segera menemukan tempat yang aman untuk berlindung.

Seperti diketahui, Gunung berapi Cumbre Vieja meletus pada 19 September lalu. Aliran lava Cumbre Vieja telah melahap semua yang dilaluinya, termasuk hampir 589  rumah dan jalan sepanjang 21 km (13 mil).

Presenter Cantik Asal Spanyol Ini Bukan Manusia

Sebaran lava dilaporkan mencapai 258 hektar (637 hektar), sebagian besar lahan pertanian, termasuk perkebunan pisang, menurut badan pemantauan satelit Uni Eropa.

Tidak ada kematian atau cedera serius yang dilaporkan sejauh ini menyusul evakuasi cepat lebih dari 6.000 orang. Tiga desa pesisir juga ditutup pada Senin menjelang lahar mencapai Samudra Atlantik.

Spanyol mengklasifikasikan La Palma sebagai zona bencana pada hari Selasa, sebuah langkah yang akan memicu dukungan keuangan untuk pulau itu. La Palma merupakan rumah bagi sekitar 85.000 orang, dan sangat bergantung pada pertanian dan pariwisata. 

La Palma  merupakan bagian dari Kepulauan Canary vulkanik, sebuah kepulauan di barat laut Afrika. Pulau ini memiliki panjang sekitar 35 kilometer (22 mil) dan lebar 20 kilometer (12 mil) pada titik terluasnya.

Bandara telah ditutup selama berhari-hari di tengah kekhawatiran tentang risiko terhadap pesawat dari abu vulkanik.

Pemerintah mengumumkan paket bantuan pertama 10,5 juta euro ($12,3 juta), yang mencakup sekitar lima juta euro ($5,8 juta) untuk membeli rumah, dengan sisanya untuk memperoleh furnitur dan barang-barang rumah tangga penting, kata juru bicara pemerintah Isabel Rodriguez.

Lebih banyak bantuan, termasuk untuk pembangunan kembali infrastruktur publik, akan dikirim setelah keadaan darurat saat ini berakhir. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya