Logo ABC

Lockdown Paling Lama, Kasus COVID di Melbourne Diprediksi Masih Naik

Tes antigen cepat akan digunakan di berbagai fasilitas kesehatan di Victoria termasuk Melbourne. (Supplied: Marco Verch/Fickr)
Tes antigen cepat akan digunakan di berbagai fasilitas kesehatan di Victoria termasuk Melbourne. (Supplied: Marco Verch/Fickr)
Sumber :
  • abc

Pemerintah negara bagian Victoria akan membeli 2,2 juta alat tes antigen cepat yang akan digunakan di pusat kesehatan, sekolah dan layanan darurat saat kasus penularan COVID-19 di Melbourne masih tinggi.

Hari Rabu ini (6/10) Victoria mencatat 1.420 kasus baru dan 11 orang meninggal, jumlah kematian terbesar dalam sehari selama tahun 2021.

Tes rapid antigen nantinya memberikan hasil dalam bilangan menit namun tingkat kepercayaan hasilnya memang lebih rendah dari tes PCR.

Pihak oposisi di Victoria sudah menyerukan sejak beberapa bulan lalu agar tes antigen ini digunakan dan beberapa tempat seperti rumah perawatan lansia sudah menggunakan alat tes antigen tersebut.

Menteri Kesehatan Victoria, Martin Foley mengatakan alat tes antigen cepat akan diuji coba terhadap 1.200 orang yang bekerja dalam proyek pembongkaran jalur kereta dan juga di beberapa rumah sakit.

Setelah itu alat tes antigen ini akan digunakan di berbagai fasilitas kesehatan dan tempat yang dianggap rawan penularan kasus, seperti sekolah, tempat perawatan anak, penjara, dan layanan darurat.

Menteri Kesehatan Martin Foley mengatakan alat tes sejumlah 2,2 juta ini diperkirakan akan habis digunakan dalam beberapa bulan.