Wakil Menteri Pendidikan Thailand Dikecam karena Editan Foto Banjir

Foto editan Wakil Menteri Pendidikan Thailand, Kanokwan Wilawan, sedang meninjau banjir.
Sumber :
  • WorldofBuzz

VIVA – Seorang menteri Thailand mendapat kecaman dari warganet setelah sebuah foto diposting di media sosial memperlihatkan dia mengarungi banjir untuk melihat kondisi para siswa dan staf sekolah di daerah itu. Namun ternyata foto tersebut merupakan foto rekayasa.

8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

Menurut media setempat Khaosod English dan dilansir dari World of Buzz, Kementerian Pendidikan Thailand memposting gambar Wakil Menteri Pendidikan, Kanokwan Wilawan, di halaman Facebook mereka pada bulan September, yang menyebabkan kemarahan publik karena foto itu telah di-photoshop. 

Mereka menuliskan gambar dengan, “Guru Oh (panggilan Kanokwan) sedang memantau banjir di banyak daerah, termasuk situasi sekolah dan fasilitas pendidikan di bawah pengawasan kementerian.”

Kecuali Indonesia, Wakil ASEAN Terseok-seok di Piala Asia U-23: Vietnam Babak Belur

Namun, mata tajam warganet tidak bisa dikelabui. Warganet melihat keanehan dalam foto tersebut. Pada gambar yang direkayasa itu, akan dapat terlihat garis bawah celana mengambang di air banjir. 

Foto itu ternyata merupakan foto editan. Hal itu tentu saja memicu kemarahan warganet, karena sangat jelas foto sudah diubah.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Warganet menemukan gambar asli tempat Kanokwan mengunjungi daerah banjir yang ternyata pada tahun 2020 bukan baru-baru ini.

Kementerian sejak itu meminta maaf dan menghapus foto itu dalam sebuah pernyataan yang menegaskan bahwa Kanokwan tidak terlibat dengan penipuan itu. Kementerian itu menyatakan bahwa tim hubungan masyarakat yang mengubah gambar dan bertanggung jawab penuh atas kesalahan tersebut.

Parida Kerayuphan (kanan) dan Kantong Passarapon

2 Transgender Thailand Mencari Pembebasan dari Dinas Wajib Militer

Transgender Thailand Parida Kerayuphan dan Kantong Passarapon meminta pembebasan tugas dinas wajib militer.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024