Logo BBC

China: Bagaimana Konsep Kemakmuran ala Xi Jinping Bisa Pengaruhi Dunia

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Pemerintah China menyatakan kebijakan mempersempit jurang kesejahteraan antarwarga yang melebar sangat dibutuhkannya perekonomian mereka. Namun para kritikus menilai program itu akan memberi kontrol yang lebih besar kepada pemerintah untuk mengatur bisnis dan aktivitas masyarakat.

Meskipun kebijakan yang mereka sebut demi "kemakmuran bersama" ini benar-benar difokuskan untuk warga yang tinggal di China, dampaknya berpotensi sangat dirasakan masyarakat global.

Salah satu konsekuensi yang paling terlihat dari kebijakan ini adalah mengembalikan prioritas perusahaan China ke pasar domestik.

China
Getty Images

Raksasa teknologi Alibaba, yang citra globalnya semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir, kini telah membuat komitmen sebesar US$ 5,5 miliar (sekitar Rp78 triliun) untuk turut menyukseskan kebijakan "kemakmuran bersama" di China.

Alibaba juga membentuk satuan tugas khusus, yang dipelopori oleh pimpinan mereka, Daniel Zhang.

Alibaba menyebut perusahaan mereka adalah penerima manfaat dari kemajuan ekonomi China. "Jika masyarakat dan ekonomi baik-baik saja, maka Alibaba akan meraup sukses," begitu pernyataan mereka.

Raksasa teknologi China lainnya, Tencent, juga ikut serta. Mereka menjanjikan US$7,75 miliar (sekitar Rp110 triliun) untuk membantu kebijakan tersebut.