Logo BBC

Kuatnya Semangat Nostalgia India terhadap Mesin Ketik Tua

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Bagi sebagian orang india, mesin ketik antik bukanlah mesin yang ketinggalan zaman - mesin ketik adalah barang yang praktis dan berharga.

Di sebuah ruangan kecil, dicat dengan warna merah muda pastel, hampir selusin pria dan wanita bekerja keras, membungkuk di atas meja yang berjajar di dinding, jari-jari mereka terbang dengan kecepatan tinggi di atas bilah ketik yang bergemerincing.

Irama pengetikan yang menenangkan, menyamarkan dengung lalu lintas yang tak ada hentinya.

Selama enam tahun terakhir, di pusat salah satu jalan tersibuk di kota Madurai yang terletak di India bagian Selatan, Dhanalakshmi Bhaskaran, telah mengajarkan keterampilan mengetik secara bergiliran kepada ratusan siswa setiap hari, menjalankan sebuah institut yang sepenuhnya dimotori dengan 20 mesin ketik manual.

Institut Ketik Umapathi, diambil dari nama putranya, dapat mengajari Anda untuk mengetik dalam tiga bahasa - Inggris, Hindi, dan Tamil (Bahasa yang dipercaya sebagai bahasa pertama india dan bahasa tertua yang masih dipakai sampai sekarang).

Mesin ketik yang mereka gunakan, sebuah model yang disebut Facit, kurang lebih tidak berubah sejak diluncurkan pada akhir tahun 1950-an.

Baca juga:

Siswa Bhaskaran terdiri dari beragam masyarakat dari banyak daerah, katanya.

Beberapa masih di sekolah menengah, berniat belajar mengetik untuk memberi diri mereka keunggulan dalam pasar kerja yang kompetitif.

Yang lainnya adalah para profesional yang berlomba-lomba untuk mendapatkan pekerjaan di kantor-kantor yang dikelola pemerintah.

Ada beberapa ibu muda juga, yang tertarik untuk mengikuti kelasnya dengan harapan memulai kembali karier mereka setelah memiliki anak.

Institut ini adalah salah satu dari banyak pusat pengetikan yang disetujui pemerintah - di akhir kursus, siswa didaftarkan dalam ujian yang diadakan setiap enam bulan.

Jika lulus, sertifikat yang dikeluarkan sangat membantu para pencari kerja.

Tetapi di dunia di mana teknologi mekanis telah lama digantikan oleh teknologi digital, dan di mana laptop, komputer, dan bahkan tablet sekarang lebih terjangkau dari sebelumnya, mengapa ada orang yang berinvestasi dalam keterampilan mengetik mereka?