Suara Azan Boleh Berkumandang di Koeln Jerman Setiap Jumat

Masjid Koeln, terbesar di Jerman
Sumber :
  • Deutsche Welle

VIVA – Masjid utama di kota Koeln, Jerman, sekarang dibolehkan mengumandangkan seruan azan lewat pengeras suara setiap hari Jumat siang, kata Wali Kota Koeln, Heinriette Reker, Senin 11 Oktober 2021. Itu adalah kesepakatan terbaru yang dibuat antara pemerintah kota Koeln dengan komunitas muslim. Kesepakatan itu diperbarui setiap dua tahun, dan tidak hanya berlaku untuk masjid utama.

Hujan Badai di Dubai: Muazin Ubah Lafadz Azan, Netizen: Merinding!

Itu berarti, semua 35 masjid di kota Koeln dapat mengumandangkan seruan azan lewat penegeras suara sampai lima menit setiap hari Jumat, mulai siang hari sampai jam 3 sore waktu setempat. Keputusan tersebut disambut baik oleh komunitas muslim di Koeln. Namun di media sosial kebijakan itu juga menuai kritik. Walikota Koeln Henriette Reker membela langkah itu.

"Ada banyak diskusi mengenai proyek #Muezzin-Ruf (seruan azan). Koeln adalah kota kebebasan dan keragaman," tulis Heinriette Reker di Twitter, dilansir dari DW.com, Selasa 12 Oktober 2021.

Heboh Daud Kim Beli Tanah Untuk Bangun Masjid, Ternyata Hanya Untuk Konten?

"Mereka yang tiba di stasiun utama (Koeln) disambut oleh gedung katedral dan iringan lonceng gereja. Banyak warga Koeln yang beragama Islam. Mengizinkan panggilan azan bagi saya merupakan tanda hormat."

Masjid Koeln terbesar di Jerman

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jemaah sembayang di Masjid Koeln di Jerman.

Photo :
  • Deutsche Welle

Masjid-masjid yang ingin mengumandangkan seruan azan sebelumnya harus membuat pemberitahuan secara umum kepada para tetangga, dan mematuhi batasan volume pengeras suara mereka, demikian pemerintah kota Koeln.

Di Jerman ada sekitar 5 juta umat Islam, yang merupakan kelompok agama kedua terbesar setelah agama Kristen. Masjid utama di Koeln adalah masjid yang terbesar di Jerman, dan menjadi salah satu penanda kota dengan arsitekturnya yang unik.

Pembangunan masjid yang dirancang arsitek Jerman Paul Boehm itu sebagian dibiayai dari sumbangan dan sisanya dari otoritas urusan agama pemerintah Turki, DITIB. Masjid itu selesai dibangun tahun 2017, dan diresmikan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam kunjungannya ke Jerman pada September 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya