Gereja-gereja Jadi Sasaran Militer Myanmar, Pendeta Dimutilasi

Gereja-gereja jadi sasaran militer Myanmar
Sumber :
  • Aljazeera

VIVA – Pembunuhan seorang pendeta Gereja Baptis berusia 31 tahun bernama Cung Biak Hum menjadi sorotan. Tentara Myanmar yang menembaknya bahkan memutilasi jari Cung Biak Hum dan cincin kawinnya dirampas.

Remaja Tikam 2 Pendeta Resmi Ditetapkan Sebagai Tersangka Terorisme

Cung Biak Hum saat itu ditangkap dan ditewaskan oleh militer Myanmar karena dia mencoba memadamkan api yang membakar desanya di Thantlang, Myanmar di bagian barat laut negara wilayah Chin.

"Pembunuhan Cung Biak Hum dan mutilasi jarinya menunjukkan betapa brutalnya tentara militer Myanmar dan tidak punya rasa hormat sama sekali," kata Direktur Organisasi HAM Chin, Salai Za Uk Ling sebagaimana dilansir oleh Aljazeera.

Pendeta Gilbert Akan Dilaporkan Lagi Jika Tak Sampaikan Permintaan Maaf Lewat Media

Insiden tanggal 19 September 2021 itu didata hanya salah satu dari 20 kasus yang dipantau kelompok HAM. Diketahui gereja-gereja, pemuka gereja termasuk pendeta dan relawan agama menjadi target kekejaman sejak adanya kudeta militer pada Februari silam.

Kebrutalannya antara lain membakar gereja, menahan para pendeta hingga menjadikan bangunan gereja sebagai basis militer.

Detik-detik Bharada Richard Eliezer Pindah Agama Jelang Menikah dengan Ling Ling

"Gereja-gereja sekarang kosong dan hampa," kata seorang pemimpin Katolik di wilayah Kayah yang sengaja dianonimkan demi keselamatannya.

"Orang-orang masih ketakutan bahkan rumah ibadah seperti gereja sekarang tak lagi aman karena bisa diserang," lanjutnya.

Sementara juru bicara Junta Militer Myanmar Mayjen Zaw Min Tun tidak memberikan jawaban ketika ditanyai media massa soal insiden tersebut. Bahkan belakangan sambungan nomor teleponnya disebut tak lagi aktif.

Sementara pada Mei 2021, militer membenarkan bahwa pihaknya menyerang gereja di Kayah termasuk Gereja Katolik. Dalam serangan itu ada 4 orang yang tewas. Militer beralasan bahwa ada pemberontak lokal yang sedang bersembunyi di gereja-gereja tersebut.

Diketahui bahwa umat Kristen termasuk dalam kelompok minoritas di Myanmar. Hanya ada populasinya sekitar 4 persen di sana. Kebanyakan mereka tinggal di wilayah-wilayah dekat perbatasan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya