Bom Bunuh Diri Lagi Saat Salat Jumat di Afghanistan, 16 Tewas

Bom bunuh diri kembali serang masjid di Afghanistan, kali ini di Kandahar
Bom bunuh diri kembali serang masjid di Afghanistan, kali ini di Kandahar
Sumber :
  • Video BBC

VIVA – Serangan bom bunuh diri kembali terjadi di masjid di Afghanistan pada Jumat, 15 Oktober 2021. Bom meledak pada saat Salat Jumat di salah satu masjid Syiah di bagian selatan Kandahar, Afghanistan, dilansir BBC.

Ledakan tersebut menyebabkan 16 orang tewas dan 32 orang mengalami luka-luka. Diketahui pada Jumat pekan lalu juga terjadi bom bunuh diri di masjid milik Islam Syiah yang menewaskan hingga 50 orang. Serangan itu diklaim oleh ISIS-Khorasan alias ISIS-K.

Sementara saksi mata menyebutkan bahwa mereka mendengar ada tiga kali ledakan yang terjadi. Antara lain ledakan di pintu masuk utama kemudian di tempat wudhu dan ledakan ketiga di lokasi sekitar masjid.

Diketahui bahwa waktu salat Jumat menjadi jam ramai di sana dan masjid cukup penuh dengan orang. Usai ledakan, orang-orang yang masih selamat berhamburan. Tak lama aparat turun ke lokasi dan ambulans berdatangan mengangkut korban.

Namun ISIS-K sebagaimana ledakan pada salat Jumat pekan lalu belum memberikan pernyataan.

Dikutip dari Metro, menurut saksi lainnya bernama Mustaza, ada setidaknya 4 orang pelaku bom bunuh diri. Dua orang diduga sudah di dalam masjid dan mulai melakukan penyerangan. Kemudian dua orang lagi merusak pagar keamanan masjid.

Menurut Mustaza, masjid itu dalam ibadah yang ramai bisa menampung hingga 500 orang.