Penampakan Salat Berjamaah di Masjidil Haram yang Tak Lagi Berjarak

Suasana salat subuh di Masjidil Haram Mekah Arab Saudi
Sumber :
  • Reasahalharamain

VIVA – Kabar gembira dari Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi. Kiblat umat Islam dunia itu kini mulai melonggarkan tindakan pencegahan COVID-19, menghapus jarak sosial antara jamaah, dan memungkinkan beroperasi dengan kapasitas jamaah penuh seperti sebelum pandemi.

Arab Saudi Larang Jemaah Lakukan Umrah Lebih dari Sekali saat Bulan Ramadhan, Ada Apa?

Kebijakan yang dimulai pada Minggu pagi ini menandakan kesiapan Masjidil Haram untuk kembali menerima jemaah dari berbagai negara untuk umrah dan ibadah salat. Lebih dari 18 bulan  Masjidil Haram dan Masjid Nabawi memberlakukan pembatasan ketat dan hanya mengizinkan warga lokal untuk salat disana. 

Namun pada Minggu dini hari, keputusan pembukaan masjid dengan kapasitas penuh dan pembatalan jarak sosial disambut suka cita umat Islam. Pasalnya lebih dari 18 bulan  Masjidil Haram dan Masjid Nabawi memberlakukan pembatasan ketat dan hanya mengizinkan warga lokal untuk salat disana. 

6 Masjid Terbesar di Dunia, Salah Satunya Kebanggaan Indonesia

Perdana sejak pandemi, mereka melaksanakan salat subuh berjamaah pada Minggu kemarin di Masjidil Haram dengan merapatkan shaf dan penuh kekhusyukan.

Masjidil Haram Mekah Arab Saudi menghapus aturan salat berjarak

Photo :
  • Reasahalharamain
Ribuan Relawan Berikan Bantuan untuk Jemaah di Masjidil Haram Selama Musim Haji 2024

Sebelumnya, para pekerja juga telah melepas stiker jarak sosial yang berada di koridor dalam dan luar ruangan, alun-alun dan fasilitas Masjidil Haram sejalan dengan keputusan baru-baru ini untuk melonggarkan tindakan pencegahan dan dimulainya kembali penerimaan jamaah dan pengunjung di dua Masjid Suci dengan kapasitas penuh.

Pj Asisten Presiden Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci Dr. Saad bin Mohammed Al-Muhaimid, menegaskan kesiapan penuh untuk menerima semua jemaah saat beroperasi dengan kapasitas penuh sehubungan dengan penerapan tindakan pencegahan COVID-19.

Petugas mencabut stiker jaga jarak di masjidil haram

Photo :
  • Arab News

Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci telah mengerahkan semua kemampuan untuk beroperasi pada kapasitas penuh melalui sistem layanan terpadu yang diberikan kepada pengunjung Masjidil Haram.

Dia menekankan perlunya mengikuti instruksi Kementerian Dalam Negeri tentang tindakan pencegahan COVID-19 yang menyatakan bahwa masker tetap wajib digunakan setiap saat di dalam Masjid.

Selain itu, para jamaah diwajibkan mengajukan izin umrah dan salat di Masjidil Haram melalui aplikasi "Eatmarna" dan "Tawakkalna" dan mengikuti semua tindakan pencegahan COVID-19 untuk memastikan keselamatan semua orang.

Masjidil Haram Mekah Arab Saudi mulai dibuka secara penuh

Photo :
  • Reasahalharamain

Seperti diketahui, Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi pada Jumat, mengeluarkan perubahan aturan dimana pertemuan sosial dan berbagai kegiatan yang melibatkan banyak orang mulai diizinkan kembali setelah 18 bulan pembatasan sosial dan penguncian wilayah. 

Keputusan itu didasarkan pada rekomendasi otoritas kesehatan, dengan tetap melakukan tindakan pencegahan kesehatan seperti penggunaan masker dan jarak sosial di tempat-tempat tertentu mulai Minggu ini, 17 Oktober.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya