Logo BBC

Komunitas Nigeria Mengklaim Keturunan Yahudi, Israel Enggan Mengakui

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Yahudi
Irums
Shlomo Ben Yaakov ingin menjadi rabi pertama Nigeria

Sambil menggerak-gerakkan badannya, Shlomo Ben Yaakov membaca gulungan Taurat di sebuah sinagog di pinggir ibu kota Nigeria, Abuja.

Lamat-lamat, suaranya yang lemah lembut meninggi ketika ia melafalkan doa dalam bahasa Ibrani.

Sejumlah orang yang ada di sinagog itu kemudian menirukannya.

Sebagian besar dari mereka tak sepenuhnya memahami bahasa tersebut, namun komunitas kecil di Nigeria ini mengeklaim sebagai keturunan Yahudi, yang berimigrasi ke bagian selatan Afrika ratusan tahun lalu - dan mereka merasa frustasi karena Israel enggan mengakui eksistensi mereka.

"Saya menganggap diri saya seorang Yahudi," kata Yaakov.

Keturunan dari suku Israel yang hilang?

Di luar Sinagog Ibrani Gihon yang berlokasi di pinggiran kota Jikwoyi, sebuah meja diletakkan di dalam tenda yang dibangun dari daun palem untuk merayakan Sukkot, sebuah festival untuk memperingati tahun-tahun yang dihabiskan orang-orang Yahudi di padang pasir dalam perjalanan mereka ke Tanah Yang Dijanjikan.

"Sama seperti yang kita lakukan sekarang, mereka melakukan hal yang sama di Israel," kata Yaakov, ketika orang-orang di komunitas itu berbagi roti tradisional cholla (yang dipanggang di sinagog) dan anggur dari cangkir kecil yang dibagikan dari satu jemaah ke yang lain.

Yaakov adalah anggota suku Igbo - salah satu dari tiga kelompok etnis terbanyak di Nigeria yang berasal dari bagian tenggara negara itu. Nama Igbonya adalah Nnaemezuo Maduako.

Banyak orang Igbo meyakini mereka keturunan dari apa yang disebut sebagai sepuluh suku Israel yang hilang, kendati kebanyakan dari mereka tidak mempraktikan ajaran Yahudi seperti Yaakov.

Yahudi
Irums
Tak seperti orang tua mereka, kebanyakan umat Yahudi muda di Nigeria tak mengenal agama lain.