Logo BBC

Israel Temukan Pedang Ksatria Perang Salib Usia 900 Tahun, Ini Fotonya

Pedang milik ksatria Perang Salib. reuters via BBC Indonesia
Pedang milik ksatria Perang Salib. reuters via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Sebuah pedang yang diyakini milik seorang prajurit yang terlibat Perang Salib sekitar 900 tahun lalu ditemukan di lepas pantai utara Israel.

Pedang sepanjang satu meter itu ditemukan seorang penyelam amatir bernama Shlomi Katzin. Dia menyerahkan temuannya itu kepada otoritas setempat.

Muncul sejumlah perkiraan bahwa pedang yang terselimuti organisme laut itu naik dari dasar laut akibat pergeseran pasir.

Otoritas Barang Antik Israel (IAA) menyatakan akan membersihkan dan menganalisis temuan tersebut. Setelahnya, pedang itu akan mereka tampilkan untuk publik.

"Pedang yang telah diawetkan dalam kondisi sempurna ini adalah penemuan yang indah dan langka dan jelas, ini milik seorang tentara dalam `Perang Salib`," kata Inspektur Unit Pencegahan Perampokan IAA, Nir Distelfeld.

"Penemuan benda ini sangat menggugah, membawa Anda kembali ke 900 tahun yang lalu, ke era yang berbeda, melihat ksatria, baju zirah, dan pedang," ucapnya.

Pantai Carmel, tempat pedang itu ditemukan, selama berabad-abad menyediakan perlindungan alami bagi kapal yang menghadapi badai di perairan tersebut. Ini dikatakan Kobi Sharvit, pimpinan Unit Arkeologi Bawah Laut IAA.