Ilmuwan AS Sukses Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia

Babi (Ilustrasi)
Sumber :
  • antara/Satya Bati

VIVA – Ahli bedah di New York, Amerika Serikat, mencetak sejarah melakukan transplantasi ginjal babi ke manusia. Upaya itu diklaim berhasil dan bekerja dengan baik. 

AS Ngaku Sudah Tahu Israel Akan Serang Iran, Tapi Tidak Setuju

Seperti diketahui, babi telah menjadi fokus penelitian terbaru untuk mengatasi kekurangan organ ginjal pada manusia. Ginjal untuk percobaan ini berasal dari hewan yang diedit gen, direkayasa untuk menghilangkan gula dalam sel merekadan menghindari serangan sistem kekebalan.

Ahli bedah AS menempelkan ginjal babi ke sepasang pembuluh darah besar di luar tubuh penerima yang telah meninggal dunia dan mengamatinya selama dua hari. Ginjal melakukan apa yang seharusnya dilakukan – menyaring limbah dan menghasilkan urin – dan tidak memicu penolakan.
 
"Fungsinya benar-benar normal," kata Dr Robert Montgomery, yang memimpin tim bedah pada bulan September di NYU Langone Health di New York City dilansir Guardian, Kamis, 21 Oktober 2021.

Inggris, AS Berikan Sanksi pada Tokoh Militer Terkemuka Iran Usai Serangan Terhadap Israel

"Dan itu (ginjal babi ke manusia) tidak mengalami penolakan dari yang sebelumnya kami khawatirkan," sambungnya
 
Dr Andrew Adams dari Fakultas Kedokteran Universitas Minnesota menilai penelitian ini merupakan langkah signifikan. "Ini akan meyakinkan pasien, peneliti, dan regulator bahwa kita bergerak ke arah yang benar," ujarnya

Mimpi transplantasi organ hewan ke manusia – atau xenotransplantasi – muncul sejak abad ke-17 namun terus mengalami kendala. Pada abad ke-20, ahli bedah mencoba transplantasi organ dari babon ke manusia, terutama Baby Fae, bayi yang sekarat, yang hidup 21 hari dengan jantung babon.

Deretan Negara yang Miliki Pesawat Canggih Anti-Nuklir di Dunia

Keberhasilan dari transplantasi itu tidak bertahan lama. Lantas, para ilmuwan beralih dari primata ke babi, mengutak-atik gen mereka untuk menjembatani kesenjangan spesies.

Babi memiliki keunggulan dibandingkan monyet dan kera. Babi memiliki tandu yang besar, periode kehamilan yang pendek, dan organ yang sebanding dengan manusia.

Katup jantung babi juga telah berhasil digunakan selama beberapa dekade pada manusia. Heparin pengencer darah berasal dari usus babi. Cangkok kulit babi digunakan pada luka bakar dan ahli bedah Cina telah menggunakan kornea babi untuk memulihkan penglihatan.

Dalam kasus NYU, para peneliti membiarkan tubuh wanita yang sudah meninggal menggunakan ventilator setelah keluarganya menyetujui eksperimen tersebut. Wanita itu ingin mendonorkan organ tubuhnya, tetapi tidak cocok untuk donasi tradisional.

"Keluarga merasa ada kemungkinan kebaikan bisa datang dari hadiah (donor) ini," kata Montgomery.

Beberapa perusahaan biotek sedang mengembangkan organ babi yang cocok untuk transplantasi guna membantu meringankan kekurangan organ manusia. Lebih dari 90.000 orang di AS mengantre untuk transplantasi ginjal. Setiap hari, 12 orang meninggal saat menanti donor.
 
Pada bulan Desember, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menyetujui perubahan gen pada babi Revivicor aman untuk konsumsi makanan manusia dan obat-obatan.

Tetapi FDA mengatakan pengembang perlu menyerahkan lebih banyak dokumen sebelum organ babi dapat ditransplantasikan ke manusia hidup. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya