Logo BBC

Muncul Fenomena Blogger Patriotik China Ziganwu Serang Barat

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Dengan senyumnya yang meyakinkan, blogger China Guyanmuchan merupakan sosok yang ramah di Weibo.

Perempuan muda itu memiliki pengikut setia 6,4 juta penggemar di platform media sosial serupa dengan Twitter tersebut, tempat di mana ia mengunggah foto dan video tentang isu terkini.

Tapi citra imut yang ia tampilkan - halamannya menampilkan gambar seorang gadis berpose di hutan - menyamarkan nada dalam unggahannya yang sering kali masam.

Uni Eropa "dikontrol" oleh Amerika, kata unggahannya baru-baru ini.

Meningkatnya kasus Covid di negara bagian Texas, AS adalah bukti "perang saudara" di mana "orang Amerika saat ini saling membunuh dengan perang biologis", tulisnya di unggahan yang lain.

Guyanmuchan adalah salah satu dari kelompok blogger baru yang dikenal sebagai "ziganwu", yang populer di media sosial China seiring dengan meningkatnya nasionalisme warganya.

Nama mereka mengacu pada "wumao" pasukan pendengung terkenal yang dibayar untuk menyebarkan propaganda negara - tetapi perbedaannya adalah bahwa "ziganwu" melakukannya secara gratis.

Unggahan bernada pedas mereka, yang sering mengkritik negara-negara Barat dan media, dibagikan oleh puluhan ribu penggemar.

Isu-isu seperti feminisme, hak asasi manusia, multikulturalisme, demokrasi yang dianggap sebagai pengaruh Barat yang "merusak" masyarakat China juga diamati.

Mereka yang dianggap mempromosikan "separatisme" seperti juru kampanye pro-demokrasi Taiwan dan Hong Kong, serta aktivis, intelektual, dan pakar, juga sering menjadi sasaran mereka.