Logo BBC

Air Danau di Venezuela yang Dulu Simbol Kejayaan Berubah Jadi Hijau

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

danau
Nasa Earth Observatory
Danau Maracaibo sejak lama menjadi mesin perekonomian Venezuela.

Sebuah tragedi lingkungan, ekonomi dan kesehatan publik. Begitulah para ahli dan ilmuwan lingkungan menggambarkan Danau Maracaibo, yang merupakan jantung industri minyak bumi Venezuela sekaligus penggerak ekonomi negara itu pada masa lampau.

Citra satelit telah mengungkapkan bagaimana air danau terbesar di Amerika Selatan itu berubah menjadi hijau, dengan garis-garis minyak muncul di permukaannya.

Terbentang seluas 13 ribu kilometer persegi dan terhubung ke Laut Karibia lewat kanal sempit, Danau Maracaibo diyakini sebagai salah satu danau tertua di dunia.

Bukan hanya jantung industri minyak bumi Venezuela selama beberapa dekade, danau ini juga mendongkrak kesejahteraan kota terbesar kedua di negara itu.

danau
Nasa Earth Observatory
Citra satelit yang dirilis oleh NASA mengungkap kebocoran minyak di Danau Maracaibo.

Danau ini juga memberi penghidupan bagi banyak orang yang menangkap ikan, kepiting dan udang, baik untuk dikonsumsi atau dijual.

Sejumlah foto yang dirilis oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru-baru ini mengungkap pusaran polutan berwarna hijau, coklat dan abu-abu yang terbawa arus alami dan tersebar di sekitar danau.

Seorang ahli biologi, Yurasi Briceño, yang telah meneliti danau itu itu sejak 2017, menyebut warna hijau disebabkan ganggang yang memakan nutrisi yang ada di perairan danau.

Meskipun ini mungkin tidak terdengar bermasalah, bagi industri perikanan, ini adalah tragedi, kata Briceño kepada BBC