Logo BBC

Bukti Fosil Kontroversial Mempertanyakan Teori Asal-usul Manusia

Jejak kaki Trachilos di Kreta, yang berusia 6,05 juta tahun, mempertanyakan teori bahwa nenek moyang manusia berasal dari Afrika. BBC Indonesia
  • bbc

Penemuan fosil jejak tapak kaki di Pulau Kreta, Yunani, pada 2002 kembali memicu perdebatan tentang asal-usul manusia.

Jejak kaki Trachilos -- demikian nama yang biasa dipakai untuk fosil jejak kaki ini -- ditemukan oleh ahli paleontologi berkebangsaan Polandia, Gerard Gierlinski pada 2002.

Jumlahnya sekitar 50 dan ditemukan pada batu sedimen yang terbentuk di kawasan pantai Laut Mediterania kuno.

Dalam artikel yang ditulis oleh satu tim pakar internasional di jurnal Scientific Reports, disimpulkan bahwa usia jejak kaki ini 6,05 juta tahun, membuatnya sebagai jejak kaki paling tua yang dibuat oleh pra-manusia.

Kesimpulan ini mempertanyakan kesepakatan yang berlaku selama ini bahwa hominin berasal dan berevolusi dari Afrika, sebelum pindah dan menetap ke kawasan-kawasan lain di dunia.

Hominin adalah istilah yang dipakai untuk mengacu ke kelompok yang terdiri dari manusia modern, spesies-spesies manusia yang telah punah, dan semua leluhur dekat manusia modern.