Logo ABC

Mahasiswa Internasional Sudah Tak Sabar Menghambur ke Australia

Agen pendidikan dari Masiratna Study Abroad, Tengku Kelana Jaya, mengatakan Australia masih menjadi destinasi populer bagi pelajar internasional pasca pandemi. (Koleksi pribadi)
Agen pendidikan dari Masiratna Study Abroad, Tengku Kelana Jaya, mengatakan Australia masih menjadi destinasi populer bagi pelajar internasional pasca pandemi. (Koleksi pribadi)
Sumber :
  • abc

Adista Nuratika yang saat ini berada di Jakarta sudah tak sabar lagi untuk kembali ke Australia, melanjutkan kuliahnya di Adelaide University.

"Begitu border (perbatasan) buka, saya tinggal pesan tiket dan berangkat," ujarnya kepada wartawan ABC Indonesia Farid M. Ibrahim.

Adista adalah salah seorang dari ribuan mahasiswa internasional yang menjalani perkuliahan di perguruan tinggi di Australia secara daring dari negaranya masing-masing. 

Seorang agen pendidikan dari Masiratna Study Abroad (MSA) di Melbourne, Tengku Kelana Jaya, menyebutkan ada ribuan mahasiswa internasional yang tertahan di luar Australia akibat penutupan perbatasan Australia pada Maret 2020.

Menurut Kelana, dibandingkan dengan Australia, negara seperti Amerika, Inggris dan Kanada sudah terlebih dahulu membuka perbatasan mereka untuk menerima pelajar internasional kembali.

"Sedangkan mahasiswa internasional di Australia masih terhambat karena perbatasan masih tutup," ujarnya.

Kelana mengatakan Australia saat ini tetap menjadi destinasi populer di kalangan mahasiswa internasional, terutama asal Indonesia, Malaysia, Singapura dan negara di kawasan Asia Tenggara lainnya.

Permintaan mahasiswa internasional untuk mendaftar kuliah melalui agen MSA tetap ada di saat pandemi, ujarnya.

"Ada juga yang bilang, saya tidak apa-apa biar kuliah online. Buat mereka yang mau sekolah di tempat bagus, biarpun online tidak ada masalah," ujarnya.